Ongkang Kaki di Hari Tua

Ongkang Kaki di Hari Tua

  Jumat, 29 January 2016 08:21
Nycta Gina

NYCTA Gina tidak pernah kalap lagi. Artis yang bergelar dokter itu sadar bahwa keuangan harus diatur sedemikian pintar, terutama sejak menikah dengan Rizky Kinos. Dia begitu paranoid melihat tidak sedikit selebriti yang menghadapi kesulitan finansial pada masa tua.

’’Dulu saya heran sama diri sendiri. Punya uang sedikit, misalnya sejuta, bisa nabung Rp 500 ribu. Begitu punya uang Rp 10 juta, bisa nabungnya juga tetap Rp 500 ribu. Punya uang lebih banyak lagi tetap tersisa untuk tabungan segitu juga,’’ ujarnya saat menjadi pembicara seminar Pesta Reksa Dana di Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin (28/1).Barulah kemudian Nycta sadar bahwa gaya hidupnya boros. Niat pergi sekadar jalan-jalan saja bisa berubah jadi belanja besar. ’’Kalau pulang dari mal nggak bawa jinjingan itu nggak bisa banget. Suka khilaf,’’ ucap perempuan kelahiran Jakarta, 3 November 1984, tersebut.

Beruntung, Nycta cepat sadar. Ketika akan menikah, dia menyadari bahwa biayanya sangat tinggi. Yang lebih penting lagi adalah pasca menikah, hamil, punya anak, sampai hari tua. Akhirnya, dia menemui seorang penasihat keuangan dan disarankan mulai berinvestasi.

’’Dibuat semacam pos-pos keuangan begitu. Dipisahkan. Sisanya boleh lah untuk hobi atau jalan-jalan. Buat biaya kelahiran anak saja sudah saya siapkan. Sudah dihitung juga untuk kebutuhan dua anak sampai besar nanti karena targetnya dua anak,’’ jelas Nycta.

Pada akhirnya, Nycta bercita-cita bisa menikmati masa tua dalam keadaan bahagia, termasuk secara finansial. Dia merasa harus mengambil hikmah dari orang lain, terutama yang seprofesi. Banyak yang hura-hura pada usia muda, lalu mengalami kesulitan. ’’Pengin hari tua itu menikmati banget. Ongkang-ongkang kaki, tidur nyenyak, pas bangun di samping badan sudah ada uang Rp 50 juta,’’ katanya, lantas tertawa. (gen/c14/end)