OMK Jadi Ujung Tombak , Open House Kapolres

OMK Jadi Ujung Tombak , Open House Kapolres

  Sabtu, 26 December 2015 09:28
KHUSUK : Ratusan umat kristiani nampak khusuk mengikuti misa natal tahun 2015MUSTA’AN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU/SINGKAWANG—Ribuan umat Kristiani melakukan misa di sejumlah gereja dalam kota Putussibau. Termasuk di Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda Putussibau, Jalan Komyos Sudarso Jumat (25/12).

Misa berjalan khidmat. Perayaan natal tahun 2015 ini memberikan nuansa suka cita yang tak hanya di hati, namun juga kepada perbuatan sehingga menjadi peribadi yang lebih baik ke depannya.Ketua Panitia Perayaan Natal tahun 2015 Pastor Agus mengatakan, persiapan misa natal sepenuhnya dipercayakan pada Orang Muda Katholik (OMK).

"Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami. Inilah yang dapat kami lakukan, kami mohon maaf apabila yang kami lakukan masih banyak kekurangan," ucapnya saat sampaikan sambutannya, Jumat (25/12) kemarin.Untuk itu ia berharap perayaan natal tahun 2015 ini memberikan nuansa suka cita yang tidak hanya di hati namun juga pada perbuatan.

"Natal ini memberikan makna bagaimana kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya," harap Agus. Ketua Dewan Paroki Pastoral (DPP) A. Baring Tando mengatakan suksesnya pelaksanaan perayaan misa natal tahun 2015 tidak terlepas dari peran OMK. “OMK telah mempersiapkan segalanya dari jauh. Kami sangat berterima kasih pada OMK. Saya harap kedepan pengkaderan untuk anggota OMK tidak putus.  Kami butuh anak muda kreatif dan energik seperti OMK ini," terangnya. Ia menghimbau kepada para jemaat gereja agar hidup rukun dan damai sesama manusia.

"Semua ini adalah keluarga Allah oleh karena itu kita harus hidup damai," pintanya.Baring berharap seluruh umat kristiani berpartisipasi agar gereja bisa mandiri. Karena jika tidak ada peran dari umat dikhawatirkan kedepan gereja akan sepi dan mati."Kami ucapkan terima kasih pada para donator yang sudah mau peduli terhadap gereja ini," terangnya. Sementara itu, Yohanes salah satu umat yang merayakan natal mengatakan jika natal ini merupakan pewujudan cinta kasih tuhan.

"Inilah moment suka cita. Disini kami benar-benar merasakan pengorbanan dan kasih sayang tuhan terhadap umatnya," katanya. Senada dengan Yohanes, warga lainnya yakni Andreas berharap meminta dengan perayaan natal agar semakin meningkatkan toleransi dan hubungan antar umat beragama."Mengasihi sesama manusia. Sebagaimana Tuhan mengasihi kita,” jelasnya.
Saling mengasihi sebagaimana tuhan, kata Andreas, ttulah makna natal yang ia ketahui. Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin, SIK mengatakan, tiga jam sebelum kegiatan misa natal gereja sudah dilakukan sterilisasi. Tidak hanya itu ketika jamaah masuk kedalam gereja juga dilakukan pengecekan terutama terhadap tas dan barang bawaan ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman.

"Kalau jumlah gereja untuk kabupaten kapuas hulu hampir sekitar 50 gereja laksanakan misa natal pada pagi ini," jelasnya. Untuk sistim pengamanan melibatkan TNI, Polres, dinas Perhubungan, dan Sat Pol PP termasuk pemuda gereja."Kondisi aman termasuk juga dikecamatan. Pengamanan misa Natal Sampai besok. Penambahan waktu pengamanan disesuaikan kebutuhan," kata Sudarmin.

Gelar Open House
Demikian juga dengan umat Kristiani di Kota Singkawang. Mereka memenuhi Gereja-gereja yang ada di Kota Singkawang di Hari Raya Natal, Jumat (25/12). Seluruh kegiatan ibadah, dilaksanakan dengan khidmat dan lancar.Ketika usai menggelar ibadah, seluruh jemaat saling bersalaman untuk mengucapkan selamat kepada umat kristiani lain yang juga merayakan Natal. Kemudian suasana saling kunjung mengunjungi rumah keluarga, kerabat serta teman pun dilakukan.

Sebelumnya, Kamis (24/12) malam. Kegiatan malam Natal, juga digelar. Seperti terlihat di Gereja Santo Fransiskus Assisi Jalan Diponegoro.Sekitar seribuan jemaat memadati gereja yang telah berusia 110 tahun tersebut. Hal sama juga terlihat di Gereja di Jalan Firdaus, jemaat memenuhi tempat ibadah tersebut.Petugas dari Polres Singkawang, Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS), TNI, Dishubkominfo, serta aparat keamanan lainnya pun terlihat melakukan pengamanan dan mengatur kelancaran lalu lintas di sekitar area gereja.

Dalam perayaan Natal 2015, beberapa pejabat yang ada di Kota Singkawang, menggelar open house. Seperti di kediaman Kapolres Singkawang, AKBP Agus Triatmaja di Jalan Tani. Sejak pagi, silih berganti tamu berdatangan.“Sebenarnya sangat rindu untuk berkumpul dengan keluarga besar. Tapi karena tugas, kita merayakan Natal di Singkawang. Tapi kerinduan itu terobati dengan banyaknya teman, dan rekan kerja yang seperti keluarga di Singkawang,” kata AKBP Agus Triatmaja, disela-sela kesibukannya menyambut para tamu yang berkunjung ke kediamannya. Dirinya berharap, di tahun ketiga perayaan Natal yang tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halamannya ini. Akan lebih baik ke depannya.“Semoga kasih Natal, memberikan kesejahteraan, kebahagiaan bagi keluarga kami, termasuk dalam menjalankan tugas,” katanya. (aan/fah)

 

Berita Terkait