Olympiacos vs Arsenal Laga Vital Bagi Arsenal

Olympiacos vs Arsenal Laga Vital Bagi Arsenal

  Rabu, 9 December 2015 09:25
Gambar dari internet

Berita Terkait

PIRAEUS - Arsene Wenger begitu berat dalam menatap pekan terakhir Liga Champions ketika Arsenal harus bertandang ke Stadion Karaiskakis melawan Olympiacos Piraeus dinihari nanti.            Sebab, langkah timnya untuk lolos ke babak 16 Besar sangat ditentukan oleh hasil kontra Olympiacos. Olympiacos saat ini berada di posisi runner up dengan mengantongi sembilan poin. Sementara Arsenal menguntit di bawahnya dengan selisih tiga angka.

            Karena itu, tim berjuluk The Gunners itu tidak hanya dituntut untuk menang supaya poin mereka sama dengan Olympiacos. Namun, mereka juga dituntut untuk paling sedikit menang dengan skor 3-2.            Sebab, pada pertemuan pertama di Stadion Emirates London 29 September lalu, Per Mertesacker dkk dipaksa untuk menyerah 2-3 melalui gol penentu Alfred Finnbogason di menit 66.

            “Laga ini sangat vital, terutama untuk konfidensi kami,”tutur Wenger seperti dilansir Sky Sports. “Aku sangat gugup karena aku menyadari betapa pentingnya game ini untuk keseluruhan musim kami,” imbuhnya.

            Manajer berkebangsaan Prancis itu pantas gugup ketika mempersiapkan skuadnya menyongsong duel di Piraeus. Memang, sepanjang 25 pertemuan ketika menjamu wakil Negeri Ratu Elizabeth di Karaiskakis, Thrylos, sebutan Olympiacos, hanya mampu menang tujuh kali.

            Namun, setiap melawan Arsenal, mereka tampil perkasa dengan menyapu bersih tiga pertemuan dalam tujuh musim terakhir. Apalagi, konfidensi tuan rumah sedang terangkat karena mereka belum pernah kalah dalam 12 pertandingan terakhir dan meninggalkan pesaing terdekat, AEK Athens, dengan selisih 10 poin.

            Performa Arsenal juga menunjukkan grafik yang tak konsisten. Sepanjang lima pertandingan November misalnya, Arsenal hanya mampu membukukan sekali menang di semua ajang, yakni ketika menjamu Dinamo Zagreb. Selebihnya, Meriam London mencatat dua hasil seri dan dua kekalahan.

            Situasi makin sulit setelah Arsenal terancam tidak bisa memainkan mesin gedor Alexis Sanchez yang mengalami cedera hamstring ketika ditahan imbang 1-1 oleh Norwich, dan duo poros tengah Santo Cazorla dan Francis Coquelin yang sama-sama menderita cedera lutut.

            “Kebanyakan ketika kami menghadapi Olympiacos, sedikit yang bisa kami perbuat karena kami sudah memastikan lolos. Sekarang, situasinya berbeda,” tutur Wenger. “Lebih baik kami mempersiapkan diri dengan baik. Satu hal positif adalah kami tahu pasti apa yang bakal kami lakukan,”papar pelatih 66 tahun itu.

            Apa yang dimaksud Wenger terletak pada sosok Joel Campbell yang tidak asing dengan atmosfer Karaiskakis karena dirinya pernah menjalani masa peminjaman selama semusim pada 2013-2014. Striker timnas Kosta Rika itu mencetak 11 gol dari 43 penampilan.

 

            Campbell bakal menjadi kartu as Wenger untuk mengorek informasi mengenai para pilar Olympiacos seperti Giannis Maniatis, Dimitris Slovas, maupun Roberto. Selain itu, bomber 23 tahun itu dibutuhkan kecepatan dan daya jelajahnya untuk membongkar pertahanan tim besutan Marco Silva tersebut.

            “Aku bisa bermain di tiga posisi. Kiri, kanan, dan sebagai gelandang serang. Kapanpun bos memerintahkanku, aku bakal mengerahkan kemampuanku,” papar Campbell seperti dilansir London Evening Standard.

            Selain Campbell, pulihnya Theo Walcott dari cedera betis juga membuat Wenger lega sehingga dia bisa memiliki banyak opsi dalam menyerang. Walcott sendiri tampil selama 26 menit ketika Arsenal menang atas Sunderland setelah absen selama hampir dua bulan.

            “Ini adalah ajang sesungguhnya, tidak ada keraguan akan hal itu,”tutur gelandang Olympiacos Kostas Fortounis seperti dilansir Reuters.”Laga ini bakal menjadi penentuan satu tim yang bakal mengklaim tempat di babak selanjutnya,”tegas pemain 23 tahun itu. (apu)

 

 

Perkiraan Pemain

 

 

 

Olympiacos (4-2-3-1): 16-Roberto (g/c); 14-Elabdellaoui, 3-Botia, 23-Slovas, 26-Masuaku; 5-Milivojevic, 11-Kasami; 90-Pardo, 7-Fortounis, 92-Seba; 99-Ideye

 

Pelatih: Marco Silva

 

 

 

Arsenal (4-2-3-1): 33-Cech (g); 24-Bellerin, 4-Mertersacker (c), 6-Koscielny, 18-Monreal; 21-Chambers, 16-Ramsey; 28-Campbell, 11-Oezil, 15-Chamberlain; 12-Giroud

 

Pelatih: Arsene Wenger

 

 

 

Stadion: Karaiskakis, Piraeus

Pelatih: Nicola Rizzoli (Italia)

Berita Terkait