Olahraga Hapkido Masuk Kalbar

Olahraga Hapkido Masuk Kalbar

  Minggu, 16 Oktober 2016 10:07
BAWA HAPKIDO: Ketua pengurus Hapkido Kalbar, Rusli (kiri) bersama founder Hapkido Indonesia, Vincentius Yoyok Suryadi (tengah) dan instruktur Hapkido langsung dari Korea, dalam Short Course Hapkido Kalbar di Hotel Dangau, Sabtu (15/10). MIFTAH/PONTIANAK POST

​Cabang Beladiri Asal Korea

PONTIANAK – Cabang olahraga beladiri asal Korea, hapkido, mulai diperkenalkan di Kalimantan Barat. Perkenalan tersebut dimulai dengan short course atau Latihan Singkat Hapkido di Hotel Dangau, kemarin (15/10) hingga hari ini (16/10). Program tersebut diikuti oleh 30 calon leader dan 13 calon anggota Hapkido Kalbar.

Ketua Hapkido Indonesia (HI) Kalbar, Rusli, kepada Pontianak Post kemarin, mengatakan, kepengurusan Hapkido Kalbar untuk saat ini memang belum terbentuk dengan sempurna. Akan tetapi, dalam langkah awal pembentukan Hapkido di Kalbar, mereka melakukan pelatihan kepada para calon leader atau pelatih dan anggotanya.

Short Course Hapkido ini menjadi langkah awal dari rangkaian pengembangan hapkido, yang menjadi bagian dalam program kerja Hapkido Indonesia tahun 2016. “Setelah Hapkido sudah melekat kepada para calon-calon yang ada di Kalbar, baru nantinya akan dibentuk kepengurusan yang sempurna,” katanya.

Founder Hapkido WHMAF Indonesia, Vincentius Yoyok Suryadi, dalam kesempatan yang sama, mengatakan, kegiatan short course ini dirasa perlu, sebagai pengembangan olahraga beladiri tersebut serta menarik minat masyarakat luas. “Kami berharap, setelah dilakukan short course setiap beberapa bulan sekali, peminatnya akan semakin bertambah dan cabang olahraga ini bisa maju di Kalbar,” terangnya.

Sementara itu, kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalbar, Sugeng Heriyadi, mengucapkan rasa terima kasihnya pada inisiatif yang dimiliki Pengurus Pusat Hapkido, untuk menghadirkan cabang olahraga ini di Kalbar. Ke depannya ia berharap, dengan keikhlasan dan niat baik para pengurus, Hapkido dapat maju di Indonesia, khususnya di Kalbar. “Tentu, utamanya ialah untuk mendapatkan kesehatan, kebugaran dan harmoni dari cabang olahraga beladiri ini,” katanya. 

Sebagai informasi, shin son hapkido atau biasa disebut hapkido, merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea selain Taekwondo. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam beladiri yang satu ini, antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata. Kepopulerannya kini mulai meningkat di luar Korea, seiring dengan berlangsungnya kejuaraan-kejuaran Hapkido. Nama lain Hipkido dengan sebutan hap ki do dan hapki-do ini diperkenalkan oleh ahli bela diri bernama, Choi Yong Sul. (mif)