Olahan Ikan & Ayam nan Lezat

Olahan Ikan & Ayam nan Lezat

  Kamis, 12 November 2015 11:18
Ikan Bakar Jimbaran

Terbiasa mencicipi menu-menu nikmat dari Indonesia bagian barat dan tengah, maka kini saatnya untuk icip-icip kuliner yang tak kalah lezat dari kawasan timur negeri ini. Ada Ikan Jimbaran dari Bali dipadu dengan Plecing Kakung dari Lombok. Ada pula tambahan Chicken Black Pepper dan sejumlah menu western. Semuanya bisa ditemui di Hotel Mercure Pontianak.  Oleh : Marsita Riandini  

Ikan Bakar Jimbaran
Menu Ikan Jimbaran ini sedikit berbeda dengan aslinya. Oleh Chef Adang Eko, menu tersebut dikombinasikan dengan Plecingan Kangkung. Olahan sayur ini juga merupakan menu khas dari Bali, juga identik dengan Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar. Biasanya disajikan dengan sambal tomat. Plecing ini juga biasa menjadi pendamping Ayam Taliwang bila di Lombok. “Plecing yang saya buat agak berbeda. Plecing biasa itu khan dibuat seperti salad gitu, tapi kalau yang ini hampir seperti ditumis, ada bumbunya,” ungkap dia.
Chef Adang sendiri menggunakan ikan dori. Ikan dori kini sudah sangat familiar di lidah pencinta kuliner nusantara. Ikan dori tersebut di-fillet ukuran 120 gram,  kemudian diolah dengan bumbu, lalu dibakar. “Karena dagingnya ukuran kecil dan tipis, jadi hanya butuh waktu sekitar 4 - 5 menit saja pembakaran. Selain ikan dori, sebenarnya bisa saja menggantinya dengan ikan lain yang sesuai selera,” papar dia.