Olah Umbi-umbian Jadi Panganan Lokal Penganti Beras

Olah Umbi-umbian Jadi Panganan Lokal Penganti Beras

  Kamis, 14 April 2016 09:34
DIABADIKAN: Ketua DWP Kalbar, Ny Ratna Yuniar M Zeet diabadikan bersama sejumlah pengurus DWP Kalbar saat mempromosikan minuman olahan umbi-umbian.FOTO IST

MENDORONG umbi-umbian menjadi panganan lokal penganti beras di Kalimantan Barat terus di sosialisasikan oleh berbagai pihak, tidak terkecuali bagi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kalimantan Barat yang diketuai Ny Ratna Yuniar M Zeet.

Menurut Istri Sekda Provinsi Kalbar ini, guna mensosialisasikan program pemerintah dan DWP pusat, pihaknya secara berkelanjutan akan menggelar bimbingan teknis secara internal DWP Kalbar guna mempelajari pengelolaan umbi-umbian guna mendukung program Bergizi, Berimbang dan Aman (B2SA) berbasis panganan lokal penganti beras.

Ibu empat anak ini juga mengungkapkan, mengkonsumsi panganan umbi-umbian jauh lebih sehat ketimbang mengkonsumsi beras yang lebih tinggi kandungan gulanya. “Dengan memakan umbi-umbian sebagai sumber bahan pokok, maka kita dapat terhindar dari berbagi jenis penyakit seperti jantung, diabetes serta mengurangi kegemukan (obesitas),” terang Yuniar saat membuka sambutan Bimtek DWP Kalbar, di Aula Widyasabha-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, belum lama ini.

Ratna juga menuturkan, umbi-umbian dapat diolah menjadi berbagai makanan yang tidak kalah lezat dan sehat. Seperti yoghurt, nasi jagung, jus maupun berbagai jenis olahan minuman yang segar. “Mengkonsumsi umbi-umbian secara terus menerus, saya rasa jauh lebih baik ketimbang mengkonsumsi beras sebagai bahan pokok, hal ini dikarenakan harga yang lebih murah dan umbi-umbian lebih mudah ditanam sehingga lebih hemat,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Ny Ratna Yuniar mengatakan, pihaknya kedepan juga akan menggelar berbagai seminar dan bimbingan teknis kaitannya dengan memerangi bahaya dari penyalahgunaan narkoba di lingkungan keluarga, meminimalir pengaruh gaya hidup keluarga PNS yang berdampak pada korupsi serta meminimalis angka perceraian dilingkungan PNS.

Ia berharap, melalui berbagai banyak program dan agenda yang kami laksanakan, DWP Kalbar dapat memberikan kontribusi nyata dalam berbagai sektor pembangunan di Kalbar.(ser)