NTB Gandeng Instagram untuk Naikan Kunjungan Wisman

NTB Gandeng Instagram untuk Naikan Kunjungan Wisman

  Kamis, 19 May 2016 17:33

Berita Terkait

DINAS Kebudyaaan dan Pariwisata (Disbudpar) Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai menerapkan digital marketing untuk menaikan kunjungan wisman, dengan menggandeng Instagram.

"Kami ingin Instagram menjadi hub industri pariwisata NTB," kata Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi.

Lalu Muhammad Faozal, kepala Disbudpar NTB, mengatakan Instagram digunakan 400 juta orang per bulan di seluruh dunia. Dalam sehari, ada 80 juta foto yang diunggah dan mendatangkan like 3,5 miliar.

Faosal yakin memasarkan pariwisata Lombok di Instagram sangat efektif. Ia mengatakan calon wisman yang penasaran silahakan mengunjungi alamat Lombok di Instagram yaitu Lombok (@explorelombok).

"Bayangkan jika Instagram digunakan untuk mempromosikan pariwisata Lombok, dan mendukung Gunung Rinjani sebagai geopark UNESCO," kata Majdi.

Majdi yakin foto-foto keindahan Lombok yang diunggah setiap hari akan menarik memprovokasi minat calon wisman berkunjung ke NTB. Ketika Gunung Rinjani menjadi geopark UNESCO, akan kian banyak pendaki mancanegara menyambangi gunung tertinggi kedua di Indonesia itu.

"Kami juga ingin mengatakan bahwa Lombok bukan hanya Gili Trawangan," kata Faosal. "Lombok kaya keindahan alam dan budaya."

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menginginkan ending memasarkan Lombok di Instagram sampai ke payment. Jadi, kata Menpar, orang tidak sekadar look.

"Dorong tour and travel agent membuat banyak paket pariwisata, pasarkan via platform media sosial," kata Menpar Arief Yahya.**

Berita Terkait