Nikmati Sensasi Sungai Sambil Mendayung Kano

Nikmati Sensasi Sungai Sambil Mendayung Kano

  Selasa, 20 September 2016 09:51
BERMAIN KANO: Para anak muda saat mendayung kano menyusuri Sungai Kapuas di sore hari. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Merayakan Eksotika Sungai Kapuas

Sungai Kapuas yang membelah Pontianak menjadi satu sumber kehidupan bagi masyarakatnya dan jalur transportasi air yang vital. Sungai Kapuas juga asyik untuk dijadikan tujuan wisata yang kini digandrungi anak muda, apakah itu? 

HARYADI, Pontianak 

PEMANDANGAN tak biasa terlihat sore itu. Kaum muda bertandang ke pinggiran Sungai Kapuas. Mereka berkumpul di sebuah cafe terapung, yang bergoyang-goyang akibat pengunjung menaikinya. Namun mereka tidak sedang minum ataupun memesan makanan. Tetapi mereka sedang mengantre menyewa sampan kano untuk bermain di sungai.

Tidak hanya dari kalangan pemuda, orangtua antusias mencobanya. Mendayung kano sambil bermain air dan menikmati panorama pinggiran sungai, menjadi hal baru bagi sebagian orang. Jika sebelumnya kegiatan menyusuri sungai hanya dengan motor air atau sampan bermesin. Kini dengan kano kita bisa merasakan sensasi yang begitu berbeda dari biasanya. 

“Penyewaan kano ini sudah ada sejak awal tahun 2016,” terang Rendi, pengelola penyewaan sampan kano.

Rendi membuka cerita. Pertama kali mempunyai ide untuk membuka penyewaan tersebut adalah pamannya yang bernama Maudiansyah. 

“Awalnya hanya disewakan untuk anak-anak di kawasan anak-anak gang, tapi lama-lama semakin banyak peminatnya,” ungkap pria berambut pendek.

Melihat prospek yang dinilai baik, Rendi dan pamannya lalu mencoba menghimpun modal guna membeli kano baru. Secara bertahap jumlah kano yang dimiliki semakin bertambah banyak.

“Dulu ada dua kano yang tersedia di sini, sekarang sudah mencapai 31 kano yang disewakan,” katanya tersenyum.

Untuk tarif penyewaannya, Rendi menjelaskan bahwa menyewa selama satu jam bermain kano dikenakan biaya sebesar sepuluh ribu rupiah. Dengan tarif tersebut penyewa sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan di air berupa pelampung jaket.

“Kalau mereka tidak bisa berenang, namun tetap penasaran mencoba main kano dari kami bisa memfasilitasi dengan mendampinginya di air,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa penyewaan kano ini dibuka dari pagi hingga sore hari. Mereka yang datang untuk bermain dan menyewa kano kebanyakan memilih waktu pada sore hari. Karena pada sore hari cuacanya tidak begitu panas. Sehingga saat berada di atas air terasa dingin dan menyegarkan. Apalagi bila mau menyusuri tepian Sungai Kapuas panoramanya lebih indah pada sore hari.

“Mereka yang menyewa kano tidak hanya dari sini saja (Pontianak), pernah pengunjung dari Jakarta mencoba wahana ini. Mereka naik kano untuk menikmati keindahan Sungai Kapuas,” kenangnya.

Keny Novaldi, warga Pontianak juga menikmati sensasi mendayung kano. Ia bersama teman-temannya terlihat riang saat bermain bersama temannya di sungai sore itu.

“Kalau main kano di sini sudah beberapa kali mencoba. Kadang kalau tidak ada kesibukan perkuliahan saya melepaskan penat main kano di sungai,” ungkap Keny.

Menurut Keny, mendayung sampan berbahan fiber tersebut. Bagi yang pertama kali bermain kano, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan. Karena ukuran sampan yang tidak besar dan hanya cukup untuk menampung satu orang saja itu harus pandai-pandai menjaga keseimbangan saat menaikkinya. Tetapi kalau sudah mahir menjaga keseimbangan bakal merasakan sensasi ketagihan untuk main lagi.

“Bermain kano di Sungai Kapuas memang asyik, bisa menjadi alternatif hiburan. Semoga di Sungai Kapuas ada hiburan atau permainan keren lainnya,” ungkapnya(*)

Berita Terkait