Nikmati Keindahan Kota dengan Paralayang dan Paramotor

Nikmati Keindahan Kota dengan Paralayang dan Paramotor

  Senin, 22 February 2016 08:24
DARI LANGIT: Paralayang saat mengitari wilayah perbukitan dan pantai di lokasi wisata Rindu Alam, Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (19/2).Istimewa

Berita Terkait

SEBAGAI salah satu kota tujuan pariwisata,  Singkawang memiliki potensi wisata yang berlimpah. Mulai dari pantai, gugusan perbukitan hingga budaya masyarakatnya. Salah satu potensi wisata yang mulai dikenalkan adalah paralayang dan paramotor.

Yudi Avianto, salah satu penerbang paramotor dari Yogyakarta ini mengaku, wilayah Singkawang berpotensi untuk mengembangkan objek wisata paralayang dan paramotor. Menurutnya, Singkawang memiliki banyak lokasi untuk take off maupun landing.  Seperti halnya area lapangan (sepakbola) Tarakan. Lokasi ini dipilih karena berada di tengah kota, dan memenuhi syarat penerbangan lanjutnya. "Singkawang banyak lokasi yang bisa dijadikan titik take off dan landing, sehingga ke depan, jika ada ingin mengembangkan olahraga ini, sangat memungkinkan untuk dilakukan," kata Yudi.

Selama terbang di atas wilayah kota Singkawang, Yudi menyaksikan sendiri pemandangan indah, melihat sebuah kota yang berada di antara pegunungan dan laut, dengan sungai kecil yang mengalir di tengah kota. "Sekitar 30 menit kami berputar diatas langit kota singkawang. Pemandangan yang sangat indah," tuturnya.Kehadiran Yudi ke Kota Singkawang, selain mengenalkan olahraga paramotor juga menghadiri undangan dari Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kalimantan Barat. "Kehadiran kami di kota Singkawang ini atas undangan dari rekan-rekan RKIH Kalbar untuk memeriahkan rangkaian kegiatan pelantikan pengurus RKIH Kalbar" kata Yudi.

Namun, tujuan utama dari kegiatan tersebut pada intinya untuk mengenakan dunia paramotor kepada masyarakat kota Singkawang. "Kami berharap, dengan kedatangan kami, masyarakat Kalbar, khususnya kota Singkawang tertarik untuk menekuni olahraga penerbangan sipil ini," ungkapnya.Hal senada juga diungkapkan Hanny Kereh, atlet gantole Kalimantan Timur ini mengaku terkesan saat berada di langit Singkawang.  Perempuan yang akrab disapa Kereh ini mengatakan, kehadirannya di kota singkawang karena rasa penasaran. Karena beberapa waktu lalu, teman-teman paralayang dari Bogor yang coba terbang di kota singkawang.

Maka dari itu dia merasa tertarik untuk melihat angin dan kondisi terbang di kota dengan julukan seribu kelenteng itu. Menurutnya, salah satu spot yang bagus berada  di perbukitan kota di Rindu Alam.  "Kemarin kami sempat mencoba 2 kali terbang, dan hasilnya cukup baik." katanya.

Menurut Kereh, selain sebagai hobi, paralayang juga bisa sebagai pendukung parawisata di kota Singkawang.  Secara terpisah, Decky AS, Korwil RKIH Kalbar mengatakan, tujuan dari RKIH mengundang atlet paramotor ini adalah dengan harapan agar kedepan ada masyarakat Kalbar, khususnya kota Singkawang yang tertarik untuk ikut aktif dalam dunia penerbangan sipil tersebut. "Dan kami berencana akan mengadakan pelatihan paramotor bagi pelajar di Kota Singkawang yang berniat serius untuk menjadi atlet. Sehingga, kedepan kalbar memiliki atlet paramotor," katanya singkat. (arf)

Berita Terkait