Ngungsi, Rumah Diterjang Ombak

Ngungsi, Rumah Diterjang Ombak

  Jumat, 22 December 2017 10:00

Berita Terkait

SAMBAS – Sejumlah rumah warga Dusun Ramayadi RT 9 RW 2 Desa Jawai Laut Kecamatan Jawai Selatan, terkena rob atau gelombang laut tinggi. Bahkan diantaranya harus meninggalkan kediamannya untuk mencari tempat  yang aman.

Diakui Alfarizzy misalnya, warga setempat menyebutkan jika sudah empat hari sejumlah rumah warga tersapu gelombang air laut. Diantaranya terpaksa meninggalkan kediamannya dan tinggal ditempat yang aman.

“Sudah sejak empat hari lalu, beberapa tetangga kami mengungsi. Ada sekitar enam rumah yang sekarang ditinggal pemiliknya, mereka menumpang di rumah keluarganya masing-masing yang tak terkena gelombang laut,” kata Alfarizzy, Kamis (21/12).

Saat ditanya berapa kira-kira rumah yang terkena rob. Alfarizzy menyebutkan untuk yang didekat rumahnya ada sekitar enam. Bahkan ada sejumlah belasan rumah yang tersapu air gelombang. Sehingga untuk total rumah yang terkena rob, diperkirakan puluhan.

“Kalau dihitung untuk di wilayah kami, diperkirakan ada puluhan rumah warga. Namun banyak yang tak sampai mengungsi,” katanya. Lantaran di belakang enam rumah warga yang pemiliknya mengungsi, masih ada bangunan rumah lagi. “Selain enam rumah yang telah mengalami kerusakan, ada belasan rumah warga yang terancam tersapu oleh gelombang air pasang karena posisinya dibelakang enam rumah yang di dekatnya,” katanya. Namun diantaranya masih bertahan (tak mengungsi).

Disebutkannya, kejadian seperti ini memang rutin terjadi setiap tahun. “Setiap tahun warga di dusun kami selalu mengalami kejadian seperti sekarang. Dan tahun ini, paling parah, karena enam diantaranya harus mengungsi karena rumahnya pemiliknya khawatir,” katanya.

Selain merusak rumah, dikatakannya, gelombang air laut yang tinggi. Juga merencam jalan dusun, yang diantaranya mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

Lantaran sudah menjadi bencana rutin. Diharapkan dibangun pemecah ombak, sehingga jika terjadi rob atau gelombang tinggi, tak sampai membahayakan pemukiman warga setempat.

"Antisipasi bisa dilakukan, diantaranya harus ada tanggul atau bangunan pemecah ombak. Ini yang harus segera direalisasikan,” katanya.(fah)

Berita Terkait