Ngeri Reli Dakar sejak Hari Pertama

Ngeri Reli Dakar sejak Hari Pertama

  Senin, 4 January 2016 13:41
AFP PHOTO

BUENOS AIRES - Keriuhan ajang Reli Dakar di Argentina berubah menjadi kengerian. Sebanyak 13 orang dilaporkan terluka setelah mobil seorang peserta kehilangan kontrol dan menabrak kerumunan penonton pada prolog Sabtu waktu setempat (2/1). Dari daftar korban yang sudah disusun terdapat anak dan wanita hamil dalam kondisi serius.

Mobil nahas itu adalah X-Raid Mini yang dikendarai pembalap wanita Tiongkok Guo Meiling. Insiden terjadi setelah mobil tunggangannya melompati jalur gundukan. Kemudian mobil terlihat terbang dan setelah mendarat lajunya tak terkendali lagi.

Mobil berbelok ke kanan dalam kecepatan tinggi lalu menghajar penonton yang berdiri di sisi jalan. Penyelenggara langsung mensterilkan rute, memberi jalan bagi tim rescue untuk evakuasi. Balapan dihentikan.

Dua korban, seorang bocah 14 tahun dan ayahnya dilaporkan mengalami serius. Si anak didiagnosa trauma paru sedangkan ayahnya menderita trauma serius pada kepalanya. Keduanya diterbangkan ke Rumah Sakit Santa Francesca, Buenos Aires. Kabar terakhir menyebutkan kondisinya mulai stabil.

Pembalap nahas Guo Meiling menyatakan tidak akan melanjutkan balapan. Wanita yang memulai debutnya di Dakar pada usia 47 tahun tersebut dilaporkan tidak mengalami cedera parah.

Kemarin (3/1) waktu setempat balapan rencananya dilanjutkan dengan memulai etape pertama. Etape tersebut akan mengambil ruter dari Rosario menuju Villa Carlos Paz sepanjang 258 kilometer. Sayang, etape itu ditunda karena cuaca yang tidak bersahabat sehingga mengganggu pereli. (cak/ang)