Ngabuburit Sampai Berburu Takjil

Ngabuburit Sampai Berburu Takjil

  Selasa, 21 June 2016 09:59
LAUK JADI: Bagi mereka yang memilih santapan berbuka puasa praktis, kini banyak tersedia aneka lauk-pauk siap saji di pasar juadah. Dari yang berbahan daging, ikan hingga sayur-mayur sangat mudah ditemui. MUJADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK — Di bulan Ramadan, banyak aktivitas yang selalu dilakukan umat muslim di Kalbar. Salah satunya peri berbagai tempat yang sering menjadi destinasi wisata dadakan sambil menunggu waktu habis. Ngabuburit menjadi cara paling jitu menunggu jam berbuka puasa sambil melakukan sesuatu yang bermanfaat.

 
Sri, seorang Pegawai BUMD Kubu Raya mengatakan bahwa biasanya tempat yang dijadikan tujuan ngabuburit bersama anak dan suaminya bertandang ke tempat-tempat yang memang ramai dikunjungi orang. “Biasanya ke taman di kawasan Supadio, kawasan penjualan takjil, masjid, dan lain-lain. Tetapi saya dan suami sering berburu aneka takjil di Masjid Mujahidin,” ujarnya.

Menurut dia menghabiskan hari sambil menunggu waktu berbuka puasa, memang menjadi kegiatan yang sering dilakukan. Tak hanya kaum dewasa, para anak muda di seluruh Indonesia sering mewujudkannya. “Ngabuburit bisa dikatakan waktunya bagi muda dan tua keluar mencari makanan berbuka puasa. Itu sering dilakukan,” ujarnya.

Leny yang tinggal di kawasan Sungai Raya menambahkan umumnya, pada waktu tersebut warga akan ke luar rumah mengunjungi tempat-tempat yang ramai. Tujuannya selain berburu takjil juga sekadar jalan sore menikmati pemandangan. Seperti biasa, daerah buruan takjil apalagi terletak di pinggir jalan sering kali macet.

Di pinggir jalan Adisucipto tepatnya depan pasar Parit Baru aneka takjil dijual warga. Sudah lima belas hari, warga menggelar lapak dengan aneka takjil. Ada bakwan, tahu goreng, aneka kue, lemang sampai berbagai anek masakan dijual. ”Saya paling sering membeli ikan bakar,” tutur Manaf (43) salah satu pengunjung.

Manaf sendiri mengakui paling menyukai es campur dan es buah. Aneka es lain juga sering diburunya untuk merasakan kekhasan aneka berbuka puasa. Tidak heran hampir sepanjang tahun setiap Ramadan, manaf bersama keluarganya menyukai ngabuburit sambil berburu takzil.(den)

Berita Terkait