Nanti Malam Konser Puisi Multimedia Asrizal Nur

Nanti Malam Konser Puisi Multimedia Asrizal Nur

  Jumat, 13 November 2015 08:36
PENAMPILAN: Asrizal Nur dalam salah satu Konser Puisi Multimedianya.ISTIMEWA

Berita Terkait

Penyair terkenal Asrizal Nur akan tampil dalam Konser Puisi Multimedia di Taman Budaya, Jumat (13/11) malam. Konser ini akan menggabungkan berbagai macam media kesenian. Ada pembacaan puisi, teater, musik, lagu, tari, audio visual dan pendukung teknologi panggung lainnya.MIRZA AHMAD MUIN, Pontianak

Setelah era WS Rendra dan Sutardji Calzoum Bachri, tradisi baca dan pertunjukan puisi mulai lesu. Menurut Asrizal Nur hal ini disebabkan mulai berkurangnya kegiatan-kegiatan baca puisi seperti lomba, pementasan dan pertunjukan puisi. “Banyak juga muncul penyair yang lebih memilih media penulisan dari pembacaan puisi di panggung,” ujarnya.Di samping itu, pembacaan puisi dinilai lebih monoton dan tidak menarik. Di sisi lain banyak alternatif kesenian lain yang lebih menarik perhatian masyarakat terutama generasi muda. Sehingga pembacaan puisi mulai mulai tak digemari lagi.

Dari latar belakang itulah Asrizal Nur berupaya menciptakan inovasi baru dalam pembacaan puisi, disesuaikan dengan zaman dan kemajuan tekhnologi kesenian yang berkembang “Ini sebagai upaya menarik perhatian generasi muda pada puisi,” jelas Asrizal.Konser Puisi Multimedia bermula dari pertunjukan puisi “Kuda” tahun 1992 di Teater Arena Pekanbaru. Saat itu ada kolaborasi pembacaan puisi, musik dan lagu. Konser ini kemudian dikembangkan tahun 1994 dengan menambah media teater dan tari dengan pertujunkan puisi “Menjalin Waktu” di Taman Budaya Riau.
Tahun 2005 mulai dikembangkan dalam pertunjukan puisi “Lancang Kuning Menggugat” di Taman Mini Indonesia Indah dan pertunjukan “Matinya Sang Koruptor” berkolaborasi Pembacaan Puisi, Tari, Musik, Lagu, dan teknologi soundsystem dan lighting.

Tahun 2009 mulai dicetuskan nama Konser Puisi Multimedia Asrizal Nur yakni usaha menyempurnakan dari pertunjukan puisi sebelumnya. Konser Puisi Multimedia Asrizal Nur tahun 2009 dilaksanakan di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki.Setelah sukses mempersembahkan Konser Puisi Multimedia tahun 2009 di Taman Ismail Marzuki, Asrizal Nur mulai memperkenalkan ke nasional dan manca negara, antara lain Pembacaan Puisi Mulmedia Asrizal Nur pada Malam Puncak Pertemuan Penyair Nusantara 2010 di Radio Televisi Brunei Darussalam.Kemudian berlanjut di Tanjung Pinang, Palembang, Kota Hansan Korea Selatan, Pekanbaru, Jogjakarta, Bandung, Singapura, Pangkor Malaysia dan Kuala Lumpur.

Tingginya animo penonton, mengantarkan Asrizal Nur untuk memperkenalkan Konser Puisi Media di Pontianak. Kegiatan ini dimulai pada Jumat (13/11) malam hingga Minggu (15/11) malam di Taman Budaya Pontianak. Acara ini diselenggarakan Komunitas Panggung Melayu Kalimantan Barat yang dipimpin Suhatman bekerjasama dengan Taman Budaya.Konser ini didukung sejumlah pihak, seperti Sanggar Tari Andari, Wakmok dengan Tundangnya, Cekmat dengan Syairnya dan Penyanyi Fitri Yusuf serta narator Rahnang dan Suci Wulandari dan Musik oleh Rizki dan didukung oleh Soundsystem dan lighting oleh Hendra Surya Putra, Penata Artistik Mugiono. Konser Puisi Multimedia ini memunculkan gairah kerjasama tim untuk satu pertunjukan yang spektakuler.Pertunjukan ini juga menyikapi bencana nasional asap beberapa bulan ini disebabkan penebangan hutan oleh oknum tak bertanggungjawab serta memberikan pencerahan.Dalam menyambut Hari Pohon se-Dunia, Konser Puisi Multimedia Asrizal Nur akan membacakan puisi bertemakan lingkungan hidup. Di antaranya Akar Api, Mazelis Zikir Dedaunan, Belajar pada bahasa daun, Kaulah Dedaunan itu, Percakapan Pohon dan Penebang dan lagu oleh Fitri Yusuf Hikayat Tiba dan Matahari Hati. (*)

 

Berita Terkait