Nadal Bisa Lewatkan Nomor Tunggal

Nadal Bisa Lewatkan Nomor Tunggal

  Rabu, 3 Agustus 2016 10:37
Rafael Nadal

Berita Terkait

RIO DE JANEIRO--Bintang tenis Spanyol, Rafael Nadal memang sudah tiba di Rio de Janeiro. Tapi, perkara apakah dia akan tampil mewakili negeri matador di lapangan tenis ternyata belum pasti. Pemilik 14 titel grand slam itu diberitakan belum sepenuhnya pulih dari cedera pergelangan tangan kiri yang membuatnya absen di berbagai ajang dua bulan belakangan.

 
Keputusan final akan nasib Nadal disebut akan diputuskan hari ini. Hal tersebut disampaikan sang pelatih Toni Nadal usai mendampingi petenisnya berlatih perdana di Rio kemarin.

“Besok (Hari ini, Red) kami akan berkomunikasi dengan Conchita Martinez (pelatih kepala Spanyol),” ucap Toni. “Di sana kami akan memikirkan langkah apa yang terbaik untuk tim,” tambah pria yang tidak lain paman dari Nadal tersebut.

Bagaimanapun, Toni berharap anak asuhnya masih bisa bertarung. Meski, ranking lima dunia mungkin harus merelakan tidak bisa turun di tiga nomor sekaligus seperti rencana awal. Bahkan, melihat kondisinya yang belum terlalu fit, bisa jadi Nadal malah absen di nomor tunggal yang membutuhkan kondisi pemain benar-benar prima di atas lapangan.

Petenis 30 tahun itu awalnya dijadwalkan mewakili Spanyol di tiga nomor sekaligus, yakni tunggal, ganda putra, dan ganda campuran. Di ganda putra dia dijadwalkan berpasangan dengan Marc Lopez. Sementara di ganda campuran berpasangan dengan Garbine Muguruza.

“Pergelangan tangannya sudah jauh membaik,” ucap Toni. “Kami mencoba berlatih secara normal. Aku harap dia bisa bermain, meski hanya di salah satu nomor,” tambahnya.

Mei lalu di Prancis Terbuka Nadal mengundurkan diri saat akan bertanding di babak ketiga.Ternyata dia megalami cedera robek tendon pada pergelangan tangan kiri. Untuk menyembuhkan cedera itu, dia harus melewati grand slam Wimbledon yang dilaksanakan awal Juli lalu.

Juara Prancis Terbuka sembilan kali itu mengakui, dia tidak akan bisa mengeluarkan kemampuan terbaik sekalipun dipercaya turun oleh tim pelatih Spanyol nantinya. “Di (nomor) manapun nantinya aku akan turun, aku tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik,” ucapnya saat baru tiba di Rio Senin kemarin dilansir Skysport.   

Nadal merupakan peraih emas tunggal putra di Olimpiade 2008 Beijing. Pada Olimpiade London 2012 dia gagal mempertahankan gelar lantaran absen akibat cedera lutut.

Jika Nadal benar-benar diistirahatkan dari nomor tunggal, harapan utama Spanyol di sektor itu berpindah kepada David Ferrer (ranking 12 dunia). Meski sejatinya Spanyol juga punya satu wakil lain yakni Roberto Bautista Agut (ranking 16 dunia). (irr)

Berita Terkait