Mustafi Selamatkan Wenger

Mustafi Selamatkan Wenger

  Rabu, 31 Agustus 2016 09:30
Shkodran Mustafi

Berita Terkait

LONDON – Arsene Wenger sudah menjawab protes fansnya sebulan terakhir. Dianggap kurang aktif dalam bursa transfer musim panas kali ini, Wenger menjawabnya ketika dia mampu mendatangkan dua penggawa anyar sebelum bursa transfer musim panas musim ini ditutup Kamis pagi WIB (1/9). 

Ya, niatan Wenger mendatangkan bek internasional Jerman Shkodran Mustafi pun akhirnya keturutan. Setelah melakukan tes medis di London pada Minggu malam (28/8),  Mustafi resmi menjadi rekrutan kelima Arsenal musim ini. Rencananya, hari ini Mustafi akan diperkenalkan kepada publik Emirates, kandang Arsenal. 

Demi memboyong Mustafi dari Valencia, Arsenal harus merogoh kocek sampai di angka GBP 35 juta (Rp 607,6 miliar). ''Mustafi baru akan berlatih bersama kami setelah jeda internasional karena dia masih harus bermain untuk timnas Jerman,'' sebut Wenger dikutip situs resmi klub. 

Mustafi tidak sendirian. Pemain berusia 24 tahun itu menjadi satu dari dua pemain anyar Arsenal di last minute jelang deadline bursa transfer musim panas. Satu penggawa baru Arsenal lainnya adalah striker Lucas Perez yang direkrut dari Deportivo La Coruna dengan banderol GBP 15 juta (Rp 260,4 miliar). 

Namun, pembelian Mustafi yang diyakini paling sentral. Pasalnya, Arsenal dalam awal musim ini sedang bermasalah di posisi bek tengah. Itu setelah cedera lama dialami dua bek tengahnya, Per Mertesacker dan Gabriel Paulista. Mertesacker yang mengalami cedera lutut baru pulih pada 19 Desember mendatang. 

Sedangkan Gabriel baru bisa comeback setidaknya 1 Oktober mendatang. Gabriel terkena cedera robek otot ligamen malleolar-nya. Sementara, Arsenal hanya mempunyai stok bek tengah senior Laurent Koscielny. Lainnya dua bek tengah berusia muda seperti Calum Chambers dan Rob Holding. 

Nama terakhir selalu jadi kepercayaan Wenger dalam tiga pertandingan di Premier League. Dibandingkan dengan Holding, Mustafi jelas bukan tandingan sepadan bagi bek yang juga pembelian musim panas ini tersebut. Selain Mustafi sudah punya pengalaman internasional, sisi teknis juga punya nilai plus dibandingkan Holding. 

Dengan tinggi badannya yang mencapai 184 sentimeter, Mustafi punya kelebihan dari sisi duel-duel udaranya. Di La Liga musim lalu, Mustafi mencatat 75 persen sukses dalam duel udara. Dari 123 kali duel, 90 kali dimenanginya. Selain itu, dia juga mampu melakukan tekling-tekling sukses. 

Dua aspek itulah yang tidak dimiliki oleh Holding. Bek berusia 20 tahun itu hanya jago dalam intersep dan eksekusi bola-bola panjangnya. Dengan melihat kemampuannya maka Mustafi bisa menjadi partner Koscielny. Hanya, sekalipun mempunyai banyak sisi keunggulan, Wenger menyebut yang terbaiklah yang dimainkan. 

Wenger meminta Mustafi berkompetisi dengan Holding untuk berebut satu spot di bek tengah Arsenal itu. ''Permainan (Holding) cukup meyakinkan. Saya akan sangat suka jika dia (Mustafi) tahu soal itu. Saya rasa Rob juga tidak akan mudah memberikan posisi itu kepada Mustafi,'' klaim Wenger kepada Standard. 

Satu lagi keunggulan Mustafi. Bukan hanya bermain di posisi bek tengah, Mustafi juga bisa dimainkan ke posisi bek kanan. Dengan merapat ke Arsenal, Mustafi akan satu klub dengan seniornya di Die Mannschaft – julukan timnas Jerman, Mertesacker. Tetapi, kedatangannya ke London bukan karena rayuan Mertesacker. 

Melainkan Mesut Oezil. ''Sudah lama saya tidak bertemu Per. Saya bicara dengan Mesut. Dia menjelaskan apapun tentang klub ini, semua yang positif. So, saya langsung bisa menentukannya. Saya senang dengan Arsenal, saya rasa ini bukan tipikal klub-klub Inggris biasa,'' klaimnya dilansir Daily Star. (ren)

Berita Terkait