Musik Blues Penyalur Hobi

Musik Blues Penyalur Hobi

  Selasa, 19 January 2016 09:50

Berita Terkait

Musik blues atau yang jika dilihat dari perkembangan sejarahnya merupakan musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di Amerika Serikat. Seiring dengan perkembangan zaman, musik blues pun berkembang. Pada umunya penikmat musik blues berasal dari kalangan dewasa. Eitsss, tapi di Pontianak ada yang berbeda loh guys! Pontianak punya band beraliran blues yang personelnya masih muda. Mereka adalah Midlane Band. Pengen tahu lebih jauh? Pantengin interview tim X dengan mereka ya!

By: Indry Agnesty

Midlane Band merupakan band asal Pontianak yang memilih genre blues. Band yang dipelopori oleh Sandy (vokalis, gitaris), Rheza (bassis) dan Rio Poces (drummer) ini dibentuk pada pertengahan April 2015. Midlane memang masih terhitung sangat baru, but sebelum membentuk Midlane, pada tahun 2010 para personelnya merupakan personel dari Armonia Band yang merupakan band beraliran pop berawak 5 personel. Tetapi karena ada masalah internal, Armonia pun bubar dan menyisakan Sandy, Rheza dan Rio yang memutuskan untuk membentuk sebuah band baru. Terbentuknya Midlane Band ini bertujuan untuk mempererat silahturahmi antar personelnya.

Nama Midlane yang mereka pilih berasal dari game Dota 2 loh guys. Sobat X yang suka main Dota 2 pasti tahu apa itu Midlane. Nah karena sang vokalis dan drummer merupakan pemain Dota 2 yang suka mengambil Midlane saat nge-game makanya mereka memilih nama Midlane sebagai nama band mereka. Sebelum memilih genre blues, mereka sempat mengambil genre Britpop karena belom berani langsung berubah ke blues. “Nggak banyak orang yang tahu tentang musik blues, jadi kami sempat mengusung genre Britpop. Tapi kami selalu menyelipkan sedikit demi sedikit unsur blues. Ya, pelan-pelan biar orang terbiasa dulu. Baru deh kami ngubah aliran jadi blues,” ungkap Sandy sang vokalis. Genre blues dipilih mereka karena mereka ingin mencoba sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain. “Kita milih blues sebagai jalan tengah. Sama-sama belajar karena sebelumnya kita juga belom tahu blues itu gimana. Umumnya juga jarang ada band blues yang personelnya masih muda kayak kita,” tambah Rio.

Formasi band yang hanya beranggotakan 3 orang ini juga menjadi hal yang menarik dari Midlane Band. Mereka mengaku memilih formasi 3 orang karena umumnya band-band beraliran blues memang formasinya hanya power trio seperti Gugun Blues Shelter. Mereka juga merasa udah oke dengan keadaannya yang bertiga. “Pola pikir dan tujuan kita udah sama jadi lebih mudah buat menyatukan isi kepala,” tutur Sandy.

Uniknya prinsip mereka dalam ngeband diibaratkan seperti orang pacaran. “Ngeband itu kayak orang pacaran. Ada pdkt, ngegombal dan lain-lain biar kita bisa ‘klik’ dan kompak,” cuap Rio. Para personel Midlane ini juga nggak mau menjadikan ngeband sebagai profesi utama mereka. “Ngeband itu sebagai hobi kita aja sih. Kita nggak mau menjadikan ngeband ini buat mata pencaharian. Dengan adanya Midlane ini jadi alasan kita buat ngumpul atau nyalurin hobi bareng,” ceplos Sandy. Walaupun mereka belom mengeluarkan single tapi mereka udah banyak menciptakan lagu yang umumnya mengangkat tema social life, friendship and love. Mereka nggak menutup kemungkinan juga bakal ngerilis single-single yang udah mereka ciptakan. Semangat terus ya guys!**

Berita Terkait