Musda DPD Paklina Kalbar Sukses Digelar

Musda DPD Paklina Kalbar Sukses Digelar

  Selasa, 22 December 2015 09:18
FOTO BERSAMA : Ketua DPD Paklina Kalbar terpilih Urai Sunardi (tiga dari kiri) foto bersama saat pembukaan Musda ke-II DPD Paklina Kalbar Tahun 2015, Senin (21/12). DPD PAKLINA KALBAR FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK-Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) yang ke-II, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Kontraktor Listrik Nasional (Paklina) Kalbar Tahun 2015, akhirnya terpilih pengurus periode 2015-2020. Pengurus baru tetap digawangi oleh Urai Sunardi yang dipilih secara aklamasi melalui musyawarah yang digelar di Hotel Star, Jalan Gajah Mada Pontianak, Senin (21/12).  

Musda dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemprov Kalbar Ida Kartini. Turut hadir pula Wakil Ketua Umum DPP Paklina Santoso Sudjadi, Eksekutif Badan Pelaksana (Bapel) LPJK Kalbar Supardiono, perwakilan DPC serta anggota DPD Paklina Kalbar lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum DPP Paklina Santoso Sudjadi mengatakan DPD Paklina Kalbar merupakan anggota yang ke-14. Sampai saat ini DPD Paklina telah tersebar di 23 provinsi dan kemungkinan terus berkembang ke provinsi lainnya 2016 mendatang.

Itu menandakan bahwa Paklina semakin berkembang dan eksis serta selalu aktif dalam kegiatan pemerintah untuk pengembangan pembangunan di masing-masing daerah. “Selamat atas terselenggaranya Musda Ke-II DPD Paklina Kalbar, semoga semkain jaya dan maju,” ucapnya.

Dia menjelaskan seiring dengan kesiapan menghadapi MEA tahun depan, pemerintah telah mengatur dan menertibkan beberapa regulasi atas aturan pelaksanaan kontraktor. Khusus juga di bidang kelistrikan. Dimana hal tersebut akan sedikit menguras tenaga bahkan biaya anggota yang bergerak dalam bidang kelistrikan.

Karena itu dia mengimbau kepada seluruh anggota Paklina agar selalu taat aturan dan terus mengikuti perkembangan informasi. Kepada pengurus terpilih supaya lebih komunikatif dengan DPP, LPJK Kalbar, dinas terkait serta PLN wilayah Kalbar. “Sehingga anggota selalu siap mengikuti dan ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan ketenagalistrikan di tanah air,” pesannya.

Mewakili LPJK Kalbar, Manajer Eksekutif Badan Pelaksana (Bapel) LPJK Kalbar Supardiono menyampaikan, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Musda kali ini. “Selain sebagai media silaturahmi, Musda juga wahana melahirkan keputusan strategis organisasi, selaras dengan amanat AD dan ART organisasi,” katanya.

Dia pun berharap dari Musda ini, menghasilkan pengurus yang amanah dan profesional. Memiliki komitmen untuk memajukan organiasi maupun daerah serta bangsa dan negara, khususnya dalam rangka membawa Kalbar lebih maju. Hal ini terkait dengan kegiatan jasa konstruksi yang menghasilkan produk akhir berupa sarana dan prasarana, berfungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai aspek kehidupan yang diperlukan. Serta berkontribusi bagi upaya mewujudkan kemajuan, kemandirian daerah dan kesejahteraan masyarakat Kalbar.

Supardiono menilai perkembangan jasa konstruksi secara nasional memasuki taraf yang begitu cepat, apalagi akan menghadapi tantangan MEA awal 2016 nanti. Diharapkan DPD Paklina Kalbar juga siap memasuki pasar bebas tersebut dan mampu menyiapkan SDM memadai. “Setelah ini, tugas utama pengurus terpilih adalah melakukan pembinaan terhadap anggota untuk dapat melaksanakan kewenangan dan tanggung jawab sesuai amanat UU No.18 Tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi,” ungkapnya.

Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemprov Kalbar Ida Kartini juga menyinggung kesiapan dalam rangka menghadapi MEA. Dia menyampaikan harapan agar Paklina Kalbar mampu menjadi organisasi yang lebih baik, profesional dan berintegritas, demi menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Sebagaimana diketahui, tenaga listrik sangat besar perannya dalam kehidupan sehari-hari. Penting dalam menunjang pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena itu penyediaan tenaga listrik bersifat strategis, dikuasai oleh negara dan ditujukan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Harapannya kepada pengurus DPD Paklina Kalbar agar dapat menjadi mitra kerjasama yang baik dengan pemerintah, pemerintah daerah, PLN, badan usaha swasta serta masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan. Juga ikut serta dalam mempercepat penyediaan tenaga listrik, peningkatan perekonomian dan mewujudkan kemandirian energi di Kalbar.

Usai terpilih, Ketua DPD Paklina Kalbar Urai Sunardi mengajak para pengurus dan anggotanya agar tetap bersemangat menghadapi MEA. Anggap hal tersebut adalah peluang besar, karena itu harus dipersiapkan segala sesuatunya.

“Terutama dokumen yang dipersyarakatkan dalam setiap pelaksanaan tender, SBU, SKA, sertifikat kopetensi, IUJK, IUJPTL dan lain-lain. Dengan tertib administrasi saya yakin kita akan tetap selalu ikut serta dalam pembangunan khususnya jasa konstruksi,” ucapnya.

Dia pun mengajak kepada seluruh pengurus terpilih untuk selalu berpegangan tangan dengan DPC dan pemuka Paklina di Kalbar. Serta dengan instansi terkait untuk menjadikan Paklina khususnya di Kalbar lebih baik lagi ke depan. Adapun struktur kepengurusan terpilih antara lain, Ketua Urai Sunardi, Wakil Ketua H Zainal Abidin, Sekretaris Ricki Zulkarnain dan Bendahara Felix Feriyadi. “Pengurus juga harus terus mengikuti perkembangan terkini di instansi terkait sehingga bisa dengan cepat menyiapakan segala yang diperlukan untuk pelaksanaan badan usahanya,” katanya lagi.Terkahir dia berpesan kepada DPC Kota Singkawang, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang untuk segera membentuk kepengurusan di daerahnya.(bar)

Berita Terkait