Mundur Rogers Cup, Serena Fokus Rio

Mundur Rogers Cup, Serena Fokus Rio

  Kamis, 28 July 2016 09:30
Serena Williams

Berita Terkait

MONTREAL-Jelang Olimpiade Rio 2016 yang mulai digelar awal bulan depan (5 Agustus), para atlet tenis top dunia di sektor putra maupun putri sengaja menyimpan tenaga. Setelah Andy Murray, Rafael Nadal, dan Roger Federer memilih absen di Rogers Cup 2016, kini giliran Serena Williams dari sektor putri yang mengumumkan mundur.  

Ranking satu dunia tersebut menyatakan masih perlu waktu istirahat untuk menyembuhkan cedera inflamasi bahu yang dia alami. Cedera tersebut sendiri dia dapat saat menjuarai grand slam Wimbledon pada 10 Juli lalu.   

“Aku sejatinya sungguh ingin tampil di Montreal. Aku janji akan kembali tahun depan,” ucap petenis 34 tahun tersebut dilansir omnisport.

Absennya Serena menambah deretan bintang tenis putri yang mundur. Beberapa nama besar juga lebih dulu mengundurkan diri dari turnamen yang telah diselenggarakan sejak 1881 tersebut. Sebelumnya, juara bertahan Belinda Bencic dan juara edisi 2010 Carolina Wozniacki lebih dulu mengumumkan absen.

Direktur turnamen Rogers Cup, Eugene Lapierre bisa memahami banyaknya petenis yang absen di ajang tersebut tahun ini. Menurutnya, dengan Olimpiade Rio yang akan resmi dibuka lima hari pasca Rogers Cup berakhir, wajar jika banyak atlet yang tidak mau mengambil risiko cedera.

“Karena tahun ini adalah tahun olimpiade, para atlet menjalani jadwal yang sangat padat. Kadang tubuhmu memang membutuhkan istirahat,” ucap Lapierre.

Di Olimpiade sendiri, cabor tenis baik putra maupun putri bakal menjalankan sistem knock-out langsung ke babak 64 besar. Di sektor putri, Serena menempati unggulan pertama diikuti Angelique Kerber, Garbine Muguruza, dan Agnieszka Radwanska. Sementara itu, di sektor putra, Novak Djokovic menjadi unggulan pertama diikuti Murray, Federer, dan Nadal.

Sepanjang karier sendiri, Serena sudah menyumbang empat medali emas untuk Amerika Serikat dari Olimpiade. Tiga di antaranya dari sektor double, dan satu lainnya dari single. Di Olimpiade London 2012 lalu, Serena berjaya dengan mengumpulkan dua emas masing-masing dari single maupun double. Di double dia berpasangan dengan sang kakak Venus Williams.(irr)

Berita Terkait