Muhammadiyah Kalbar-AMCF Latih Kru KPN

Muhammadiyah Kalbar-AMCF Latih Kru KPN

  Rabu, 16 December 2015 08:22
DIABADIKAN: Kadis Perikanan Kubu Raya, ketua AMCF Jakarta, wakil ketua PWM Kalbar dan tamu undangan diabadikan saat pembukaan pelatihan kru kapal di aula pusat dakwah Muhammadiyah. FOTO IST

Berita Terkait

MUHAMMADIYAH Kalimantan Barat bekerja sama dengan Asia Muslim Charity Foudation (AMCF), Kamis hingga Jumat (10-11/12) lalu menyelenggarakan pelatihan bagi kru Kapal Persahabatan Nusantara (KPN) bertempat di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah/Ma’had Al-Khansa Universitas Muhammadiyah Pontianak, Jl. Arteri Supadio Kubu Raya. Kegiatan yang dibuka secara resmi Bupati Kubu Raya yang diwakili Kepala Dinas Perikanan Kubu Raya tersebut menghadirkan narasumber Navigasi/Kementrian Perhubungan, TIM SAR Pontianak, PMI, Kementrian Agama, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan instansi terkait, LSM dan trainer profesional lainnya. Bupati Kubu Raya dalam sambutan pembukaan menyambut baik dan apresiasi terhadap program yang akan dilaksanakan Muhammadiyah-AMCF.

“Harapan saya program ini dapat disinergikan dengan beberapa program terkait yang telah dicanangkan Pemda Kubu Raya, apalagi jika dikaitan dengan kondisi geografis Kubu Raya yang sebagian besar daerah pesisir dan perarian yang transportasi utamanya adalah perahu atau kapal untuk menghubungkan antara daerah,” paparnya.

Drs H Abdussamad MPd atas nama Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Kalbar menyambut gembira adanya perogram Kapal Persahabatan Nusantara. “Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan berbagai pihak, sehingga acara ini dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan,” katanya.

Sementara Ketua Yayasan AMCF, H Ahmad Yaman MA dalam kesempatan tersebut menyampaikan gambaran umum dari program Kapal Persahabatan Nusantara. Menurut H.Nilwani Hamid, M.Pd, mitra kontak AMCF di Kalbar sekaligus Wakil Ketua PWM Kalbar, Kerjasama Muhammadiyah Kalbar dengan AMCF Jakarta telah terjalin sejak 1990. Program ini juga diharapkan dapat menjembatani para aktivis sosial atau pekerja sosial yang selama ini kesulitan untuk mengakses daerah- daerah terpencil untuk melaksanakan programnya. Yayasan Muslim Asia (AMCF) merupakan salah satu organisasi sosial yang dibentuk masyarakat khususnya kaum muslimin dengan tujuan membantu negara dalam memecahkan permasalahan sosial di Indonesia.

AMCF telah lama berkiprah di Indonesia dan berperan aktif dalam bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Banyak program sosial yang telah dilaksanakan Yayasan Muslim Asia di Indonesia seperti menyantuni fakir miskin, mendirikan dan mengelola panti asuhan, mendirikan dan menyelenggarakan sekolah dan perguruan tinggi, mendirikan tempat ibadah, mendirikan rumah sakit/poliklinik, menyelenggarakan bantuan korban bencana alam, menyediakan program beasiswa pendidikan, pengadaan air bersih, mendidik dan mengirimkan mubalig ke komunitas muslim dan program sosial yang lainnya.(d4/ser)

 

 

 

Berita Terkait