Mudahkan Pembayaran, Sediakan Samsat Keliling

Mudahkan Pembayaran, Sediakan Samsat Keliling

  Senin, 2 November 2015 12:24
SAMSAT KELILING: Kehadiran mobil samsat keliling turut mempermudah pegendara untuk mengurus pajak kendaraan mereka, seperti yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Kecamatan Simpang Hilir. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

MELANO – Razia gabungan kembali dilakukan UPPD Dinas Pendapatan Derah Kabupaten Kayong Utara bersama Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kayong Utara. Kali ini razia tersebut digelar di Kecamatan Simpang Hilir dengan melibatkan polsek setempat, ahad lalu.Razia gabungan yang digelar selama sebulan di dua kecamatan ini setidaknya menjaring 17 mobil dan 114 sepeda motor. Kendaraan-kendaraan tersebut akhirnya diharuskan membayar pajak sesuai dengan jumlah tunggakan mereka.

“Pada bulan ini, kita telah melakukan kegiatan razia sebanyak lima kali pada dua kecamatan. Kecamatan Sukadana (sebanyak) tiga kali dan Kecamatan Simpang Hilir, dua kali. Dan untuk di Simpang Hilir, Alhamdulilah mobil samsat keliling sudah dapat kita operasikan. Dan tentunya hal ini sangat mempermudah bagi pengendara yang akan membayar pajak, dan tanpa harus ke kantor,” kata kepala UPPD Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kayong Utara, Syahrial, Jumat (30/10).Diakui dia, semenjak kehadiran mobil samsat keliling ini, lebih meningkatkan kesadaran bagi masyarakat mengenai pentingnya membayar pajak. Pada saat kegiatan razia yang mereka gelar, tetap ditemukannya para penunggak pajak. Para penunggak pajak ini kemudian disarankan mereka untuk membayar pajak dengan memanfaatkan mobil samsat keliling yang tersedia di sana. “Dengan adanya mobil samsat ini, tentunya tidak ada alasan lagi, bagi pengendara untuk tidak dapat membayar pajak, dengan alasan jauh dan tidak setempat. Dan saat ini kita sediakan mobil samsat keliling, tentunya berharap masyarakat dapat lebih meningkatkan akan kesadaran pentingnya untuk membayar pajak,” tutur Syahrial.

Dengan ketersediaan samsat keliling ini, dia berharap selain dapat melakukan pembayaran langsung, mereka juga bisa langsung menyerahkan bukti pembayaran pajak seperti yang tertera pada STNK. Dengan demikian, dia berharap, para pembayar pajak tidak harus menunggu begitu lama.“Selain di Sukadana dan Simpang Hilir, kita juga akan melakukan kegiatan razia bersama Dishub (Dishubkominfo, Red) serta Polsek di Kecamatan Teluk Batang, agar masyarakat khususnya di Kayong Utara ini dapat dengan mudah untuk membayar pajak, tanpa harus untuk ke kantor. Karena cukup dengan menggunakan mobil samsat keliling ini pembayaran pajak dapat terselesaikan,” papar Syahrial. (dan)