A Mubarrak Pimpin ABPEDSI Sambas

A Mubarrak Pimpin ABPEDSI Sambas

  Senin, 23 May 2016 09:30
BARU- Musyawarah daerah pemilihan kepengurusan baru ABPEDSI Sabtu - Minggu kemarin. OZY/PONTIANAKPOST

SAMBAS- Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Kabupaten Sambas mengadakan Musyawarah daerah pemilihan kepengurusan baru, yang digelar Sabtu-Minggu ( 21-22/5) kemarin. 

Musda kali ini mengangkat tema: Kita Tingkatkan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Pada sesi seremoni pembukaan Musda, tampak hadir kepala BPMPD Kabupaten Sambas mewakili Bupati, perwakilan dari Kapolres, wakil dari Kesbanglinmas, dan kepengurusan ABPEDSI demisioner.

Sekretaris panitia, Ahmad Mubarrak STP MSi mengatakan bahwa pentingnya membangun nilai kebersamaan dan budaya gotongroyong di institusi BPD, demi mencapai tujuan membangun desa lebih baik lagi.

"Kita (BPD) siap bekerjasama dengan aparatur desa dan dengan pihak lainnya, bersama berkontribusi membangun pemerintahan Kabupaten Sambas, menjalin kerjasama dengan pihak manapun yang memiliki tujuan sama dengan kita," ujar dia.

Lebih lanjut Mubarrak berharap dengan terbentuknya kepengurusan baru nantinya, agar bisa menerima saran dan kritikan, dan juga minta perhatian dari Pemerintah agar tetap memfasilitasi secara keberlanjutan setiap kegiatan BPD, karena BPD merupakan perpanjangan tangan Rakyat terbawah di tingkat Desa, dan memegang peran strategis untuk bersinergi dengan Pemerintahan Desa dalam upaya membangun wilayah desa yang menjadi tanggungjawabnya.

Kepala BPMPD Kabupaten Sambas, Yusran S.Sos M.Si mengatakan setelah kepengurusan ABPEDSI yang baru terbentuk, maka akan dilakukan pensingkronan kerjasama dengan pengurus APDESI Kabupaten Sambas. 

"kita (BPMPD Kabupaten Sambas) akan mengupayakan melakukan pelatihan bersama antara ABPEDSI dan  APDESI pada waktu yang akan ditentukan kemudian, kita  mengharapkan adanya sinergis dalam pengelolaan desa,” kata Yusran, saat mewakili Bupati Sambas membuka kegiatan tersebut. 

ABPEDSI, sebutnya, sebagai badan legislative tingkat desa. APDESI sebagai eksekutif pembangunan di tingkat desa. 

“Kita ingin kedua asosiasi ini bermitra, berhubungan intensif, dan saling mendukung dalam hal kebaikan demi membangun kemajuan desa," katanya. 

ABPEDSI merupakan asosiasi yang menaungi BPD (Badan Permusyawaratan Desa), dan merupakan mitra kerja Pemerintah Desa. Dimana BPD memiliki tiga fungsi mendasar, yaitu membahas dan menyepakati peraturan desa, kemudian menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan yang terakhir BPD berfungsi mengawasi kinerja kepala desa dan aparaturnya. 

Pada MUSDA ke-2 ABPEDSI Kabupaten Sambas kali ini, jumlah peserta hadir yang memberi hak suara sebanyak 55 orang perwakilan BPD dari 19 Kecamatan di kabupaten Sambas. 

Dimana dihasilkan susunan kepengurusan ABPEDSI Kabupaten Sambas periode 2016-2021 yakni Ketua Umum A Mubarrak STP M Si, Ketua 1 Iryo Kualansyah, Ketua 2 Dedi Supriyadi. Sekretaris Umum Supriani ST, Bendahara Delly Handoko S Pd.

Kemudian Abpedsi memiliki Divisi organisasi, divisi otonomi desa, divisi pendidikan, pelatihan pemberdayaan masyarakat dan perempuan, divisi informasi komunikasi dan kerjasama antar lembaga, divisi advokasi dan perlindungan hukum, divisi sosial politik dan budaya dan divisi penelitian dan pengembangan.(fah/ser)