MTQ ke 26 TC Tahap Satu

MTQ ke 26 TC Tahap Satu

  Selasa, 5 January 2016 10:07
BUKA MTQ: Gubernur Kalbar saat membuka MTQ di Bengkayang. Berikutnya beralih ke Kubu Raya. DOKUMEN LPTQ

Berita Terkait

PELAKSANA Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-26 tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2016 akan dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya 23-29 Mei 2016. Untuk mensukseskan kegiatan tersebut dan meraih prestasi terbaik. LPTQ Kabupaten Kapuas Hulu telah melakukan Training Center (TC) tahap pertama sekaligus seleksi peserta untuk mengikuti MTQ-XXVI Provinsi itu.

MTQ merupakan agenda rutin Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi sampai tingkat Kabupaten yang digelar 2 tahun sekali. Untuk mempersiapkan Qari/Qari'ah nya atau peserta, LPTQ Kabupaten Kapuas Hulu telah melakukan Training Center (TC) tahap pertama. TC ini sekaligus untuk seleksi bagi para peserta yang bakal mengikuti berbagai cabang lomba MTQ-XXVI Provinsi ini.

"Training Center sudah kami laksanakan pada tanggal 25-27 Desember 2015 yang merupakan proses awal, pemilihan para peserta untuk bisa terpilih mengikuti MTQ Ke-26 tingkat Provinsi di Kabupaten Kubu Raya mendatang," ungkap H. Tarmizi Ismail, S.Pd, Ketua Panitia TC, Senin (4/1). Dikatakan, jumlah peserta yang mengikuti TC ada 27 orang, dengan cabang berbagai yang akan diperlombakan.

Yakni cabang tilawah, Tartil, Syarhil dan Fahmil Al-Qur'an. Adapun untuk cabang Qiraat Saba'ah, Khatil dan Hifzil Quran, pesertanya langsung dipanggil mengikuti TC selanjutnya.

"TC tahap 2 nantinya akan kita laksanakan kurang lebih 15 hari sekitar bulan Maret 2016 dengan jumlah peserta 31 orang dari semua cabang yang akan dilomba dan akan kami maksimalkan latihan," terang Tarmizi.

Selanjutnya sambung Tarmizi, TC tahap 3 akan di laksanakan sekitar pertengahan Mei 2016 mendtaang, sekaligus masa registrasi persyaratan para peserta yang ikut MTQ sampai menjelang keberangkatan ke Kubu Raya. Pelatih juga akan ditambah sesuai dengan cabang dan golongan yang di perlombakan. Selain itu, LPTQ akan mengundang beberapa pelatih dari luar atau pelatih nasional.

 “Mungkin kami akan mengundang pelatih-pelatih nasional untuk melatih calon peserta," ucapnya. Tarmizi mengapresiasi panitia TC yang telah bekerja dengan tekun dalam mempersiapkan tahapan untuk pelatihan peserta LPTQ tahap 1 ini. "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan pelatihan itu,” ungkap Tarmizi.(aan)

Berita Terkait