Motor Ditarik, Terkejut Dapat Ucapan Selamat dari Bupati

Motor Ditarik, Terkejut Dapat Ucapan Selamat dari Bupati

  Kamis, 31 March 2016 10:50
EKSPRESI: Siti Saleha pemenang utama jalan sehat Pontianak Post Sintang Harmonis (berjilbab) terperanjat begitu dinyatakan berhak atas satu unit sepeda motor oleh Bupati Sintang Jarot Winarno.

Membawa pulang sepeda motor usai jalan sehat Pontianak Post Sintang Harmonis sebuah kebahagian bagi Siti Saleha. Selain tidak menyangka, ia juga mempunyai cerita soal sepeda motor. Seperti apa itu?

SUTAMI, Sintang

TERLIHAT sepeda motor Yamaha Fino baru terparkir di garasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjungpuri, saat Pontianak Post bertandang kesana, Senin (28/3) siang. Pemilik kebetulan pegawai di Puskesmas tersebut. Begitu tiba, suasana lagi lengang, karena kebetulan jam istirahat. Seorang pegawai langsung menyapa tentang keperluan datang. Begitu disampaikan, ia masuk  ke ruang poli gizi. Tak lama berselang Siti Saleha muncul.

Mengawali obrolan Siti belum lepas dari rasa bahagia mendapatkan hadiah utama jalan sehat. Sepeda motor yang didapat juga langsung digunakan berangkat kerja. Keberuntungan yang didapat seolah menjawab keperluan dalam melancarkan tugas.

Siti mengenang pada Desember 2015, sepeda motor dinasnya ditarik. Ia sudah mengembalikan ke tempat tugas asal di Ketungau Tengah, seiring pindah tugas ke Puskesmas Tanjungpuri Sintang. “Jalan satu tahun saya tugas disini (Puskesmas Tanjungpuri),” kata Siti.

Sepeda motor dinas yang  dikembalikan sudah lima tahun dipakai Siti. Ia merasa sudah sehati dengan kendaraan dinasnya. Namun ngotot tidak bisa jika untuk tetap menggunakan. Fasilitas tersebut diserahkan kepada pengganti di tempat tugas lama, sepenuhnya untuk menunjang operasional. Pasalnya  tugas tenaga gizi harus turun ke masyarakat memberi penyuluhan. Bukan sebatas berdiam di kantor.

Siti ditempat tugas baru masih pada posisi serupa dengan saat tugas di Ketungau Tengah. Tugasnya tetap menuntut kerap turun lapangan. Sementara sepeda motor dinas sudah dikembalikan. Terpaksa dengan suami, Siti  harus berbagi sepeda motor. Sebelum kemudian memutuskan kredit membeli sepeda motor  bekas.

Karena itu, mendapatkan hadiah utama jalan sehat menjadi kebahagian sekaligus mengharukan untuk Siti. Awalnya tidak banyak berharap. Mendapat doorprize saja sudah bersyukur. Namun keberuntungan berbicara lain. Kupon bernomor 0001266 yang dipegang memberi jalan mendapatkan sepeda motor gratis.

Siti juga tidak mengira begitu nomor kuponnya  disebut, akan mendapatkan sepeda motor. Bupati Sintang Jarot Winarno yang memanggil, dengan menyebut satu persatu nomor seri kupon yang telah diundi.

Pertama Bupati menyebutkan tiga angka nol pertama. Siti masih belum terlalu menyimak. Karena, merasa angka tersebut banyak dimiliki peserta jalan sehat. Namun begitu angka satu disebutkan, Siti perlahan fokus dengan kupon ditangan. Lalu disebut angka seri dua, rasa penasaran bertambah. Ketegangan mulai menghampiri  saat Bupati menyebutkan angka enam. Siti mulai berhitung, kalau satu angka terakhir hanya dimiliki sepuluh peserta. Salah seorangnya adalah Siti. Kupon Siti hanya tiga.

Bupati menyebut kembali angka enam, Siti langsung terperanjat. Ia sampai tiga kali melihat ulang nomor seri kupon ditangan. Panggilan ke panggung segera diumumkan kepada nomor seri kupon yang sama dengan disebutkan Bupati.

Siti setengah tidak percaya langsung naik ke panggung. Tiba diatas panggung, ternyata Siti belum tahu kalau menjadi pemenang utama jalan sehat Pontianak Post Sintang Harmonis. Mengira bukan mendapat sepeda motor. Hanya doorprize lain seperti kulkas, televisi atau sepeda. Apalagi anak sulungnya Andika (8), sangat berharap bisa mendapatkan sepeda.

Siti sadar kalau mendapatkan sepeda motor setelah mendapat ucapan selamat dari Bupati. “Pak Jarot (Bupati) bilang selamat ya dapat motor,” kata Siti.

“Kalau tidak dibilang Bupati saya tidak tahu. Tapi saya memang sempat heran kenapa banyak tepuk tangan saat saya naik ke panggung,” tambah perempuan berjilbab asal Mempawah, ini.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pontianak Post sebagai penyelenggara even jalan sehat. Dengan difasilitasi melalui jalan sehat, Siti kini mendapatkan sepeda motor baru. Kendaraan itu, kini sudah dipakai untuk berdinas serta  berkeliling mengajak masyarakat pentingnya  memperhatikan gizi bagi anak saat masa tumbuh kembangnya.

“Mudahan kedepan Pontianak Post kembali menggelar even besar di Sintang. Bukan sebatas jalan sehat. Tapi bisa seperta senam massal atau penghijauan. Intinya kegiatan dapat mengedukasi masyarakat,” katanya. (**)