Motivasi Siswa Sebelum Hadapi Ujian

Motivasi Siswa Sebelum Hadapi Ujian

  Senin, 7 December 2015 09:58
MOTIVASI : Salah satu Murid SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak ditemani orang tuanya saat mendapatkan motivasi dari Buyung Ristyono. IDIL AQSA AKBARY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK-Yayasan Kejayaan Islam Khatulistiwa (YKIK) Pontianak menggelar kegiatan motivasi kepada seluruh pihak di lingkungan YKIK. Bekerja sama dengan Trust Management Indonesia Jakarta dengan motivator Buyung Ristyono. Kegiatan berlangsung di Masjid Saifullah selama dua hari, mulai Sabtu (5/12) hingga Minggu (6/12).

Ketua YKIK Pontianak Mas’ud Abdullah menjelaskan kegiatan seperti ini kali pertama diadakan. Tujuannya dalam rangka meningkatkan mutu layanan dan kinerja guru maupun karyawan, serta menumbuhkan motivasi dan prestasi siswa kelas VI SD, IX SMP serta kelas X dan XI SMA Islam Al-Azhar Pontianak.

Di hari pertama khusus untuk para murid dan orang tua, Sabtu (5/12). Dengan tema Generasi Harapan, Start to be Star. Merupakan salah satu cara mempersiapkan anak-anak didik menjelang akhir tahun ajaran dan menghadapi ujian. “Jadi mereka harus dipersiapkan mentalnya agar dalam menghadapi ujian tetap sabar, tangguh dan tidak putus asa, harus tetap bersemangat,,” katanya. Selain itu, orang tua murid juga dilibatkan hadir agar bisa memahami apa yang diharapkan anak-anaknya.

Kemudian dilanjutkan di hari kedua, Minggu (6/12). Khusus untuk karyawan dan guru di lingkungan YKIK dengan tema Institusional Building, Dinosaurus Mind. Dimaksudkan untuk memotivasi, agar semua pihak bisa meningkatkan kebersamaan serta komitmen dalam memajukan dan mengembangkan yayasan. Mengingat YKIK adalah badan swasta, sehingga harus ada komitmen kuat dari seluruh anggota dan jajarannya. “Yayasan bisa tumbuh dan berkembang apabila didukung anggota yang kuat, sehingga bisa menjadi sekolah yang maju dan memiliki daya saing tinggi,” jelasnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan masyarakat bisa lebih mengetahui program-program yang dijalankan YKIK. Sehingga para orang tua yang lain bisa ikut memanfaatkan lembaga pendidikan ini. Menjadikan pilihan untuk menitipkan anak-anak mereka dalam menuntut ilmu.

Kepala Sekolah SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak Meddy Andreas menambahkan program seperti ini sangat baik diadakan. Dari SD sengaja dilibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 110 orang. “Guna mempersiapkan hadapi ujian, orang tua juga dilibatkan agar mereka tahu apa saja yang harus dipersiapkan berkaitan dengan ujian anaknya,” terangnya.

Memang antusias murid-murid cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan ini. Materi motivasi yang diberikan sangat menarik, ditambah  pembawaan motivator yang memang bisa memahami dan menyatu dengan anak-anak. Terkait ujian dikatakan dia memang ada target agar anak-anak bisa lulus 100 persen. Namun tidak hanya nilai yang diutamakan, karakter atau akhlak juga harus lebih baik dan akan terus ditingkatkan.(bar)

Berita Terkait