Motivasi Anak untuk Belajar Alquran

Motivasi Anak untuk Belajar Alquran

  Sabtu, 29 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

MTQ Kecamatan MHS Sukses Digelar

PESAGUAN – Desa Pesaguan Kanan, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) berhasil mempertahankan juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) 2016. Sementara juara dua dan tiga diraih Desa Sungai Besar dan Desa Pesaguan Kiri. MTQ tingkat MHS resmi ditutup pada Rabu (26/10) malam lalu oleh Camat MHS, Yunifar Purwantoro.

Yunifar mengatakan, MTQ tingkat kecamatan digelar setiap dua tahun sekali. Tahun ini, dia menyebutkan jika pelaksanaan MTQ digelar di Desa Pesaguan Kanan. "Alhamdulillah sejak hari pertama pembukaan pada 16 Oktober lalu, kegiatan berjalan lancar," katanya.

Ia menjelaskan, tahun ini ada 11 desa yang mengikuti MTQ tingkat kecamatan. Diungkapkan dia jika setiap tahunnya jumlah peserta yang ikut berpatisipasi selalu bertambah. "Jika dibandingkan dengan pelaksanaan dua tahun lalu, tahun ini lebih ramai," jelasnya.

Ia mengungkapkan, dilaksanakannya MTQ tersebut bertujuan untuk mencari bibit qari, qariah, serta hafiz dan hafizah yang nantinya akan diikut sertakan di tingkat Kabupaten. "Sebelum ke tingkat camat, terlebih dahulu dilakukan penyaringan di tingkat desa. Setelah itu baru berkompetisi ke tingkat camat, untuk bisa lolos ke tingkat kabupaten," ungkapnya.

Yunifar juga mengungkapkan, selain untuk menjaring bibit untuk ikut berkompetisi, MTQ ini juga sebagai motivasi kepada anak-anak untuk lebih giat lagi mempelajari Alquran. "Pada intinya bukan hanya untuk ikut lomba, tapi mengimplementasikan makna yang terkandung di dalam Alquran terhadap kehidupan sehari-hari," paparnya.

"Jika anak sudah sejak dini diajarkan ilmu Alquran, makna dari isi Alquran, otomatis juga akan menjadi pendidikan karakter bagi anak. Jika generasi muda kita sudah berlandaskan Alquran, maka tidak akan ada lagi anak yang melakukan kejahatan seperti narkoba, mabuk, dan kejahatan lainnya," tambahnya.

Kegiatan ini, menurut dia, rutin digelar setiap 2 tahun sekali, dengan tempat pelaksanaan bergantian. Pelaksanaan berikutnya, dikatakan dia, akan digelar di Desa Harapan Baru. Diharapkan dia agar perserta yang ikut kelak lebih banyak lagi dan kemampuan yang dimiliki lebih maksimal. "Kita juga ucapkan terima kasih kepada Bupati Ketapang yang mendukung terlaksananya kegiatan ini," ucapnya.

"Kepada pesarta yang gagal di tahun ini, tingkatkan lagi dan asah lagi kemampuannya untuk mengikuti MTQ berikutnya. Kepada yang juara, jangan cepat puas dan tetap tingkatkan kemampuan untuk menjadi lebih baik lagi," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait