Monitoring Kesegaran Ikan Setahun Tiga Kali

Monitoring Kesegaran Ikan Setahun Tiga Kali

  Selasa, 17 April 2018 11:00
SOSIALISASI: BKIPM Entikong saat berkunjung dengan managemen Hypermart mensosialisasikan pengenalan ikan segar dan layak konsumsi. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Goes to Market BKIPM Entikong pun Sambangi Hypermart 

Kegiatan Goes To Market merupakan satu diantara pada acara bulan bhakti BKIPM Entikong untuk memastikan pihak ritel sekelas Hypermat pun harus menjual ikan segar dan baik konsumsi kepada konsumennya. 

Hari Kurniathama, SINGKAWANG

BALAI Karantina Ikan, Pengendali Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Entikong menggulirkan Goes To Market. Gelaran perdana ini dilakukan dengan mengunjungi Hypermart Singkawang, Grand Mall Jumat (13/4).

Tim BKIPM Entikong ini langsung yang dipimpin MW Giri Pratikno, Kepala Balai Karantina Ikan, pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Entikong.

Pihaknya dalam hal ini mensosialisasikan pengenalan ikan segar di pasar modern yang ada di kota berjuluk kota 1000 kelenteng tersebut. 

Kegiatan yang bertajuk Gerakan Masyarakat Sadar Mutu Dan Karantina (GEMASATUKATA) ini mempraktekkan pemilihan ikan segar kepada pengunjung swalayan. Para petugas menunjukkan kesegaran ikan dari mata, sisik, maupun aroma dari ikan. Ia juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu ke 3.

"Kegiatan Goes To Market ini merupakan satu diantara pada acara bulan bakti BKIPM Entikong untuk memastikan pihak Hypermat menjual ikan ikan segar kepada konsumen, " terangnya. 

Pratikno menyampaikan kegiatan Goes To Market ini bukan bukan melakukan inspeksi mendadak. Tapi pihaknya memberikan pengenalan mengenai pemilihan ikan-ikan yang bermutu.

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan kegiatan ini secara rutin. Kegiatan secara rutin yang akan dilakukan monitoring kesegaran ikan, residu, dan berbahaya yang dilakukan setahun tiga kali. Dalam kesempatan itu pula,  Pratikno menyampaikan ke managemen Hypermart terkait memberikan informasi hal-hal menyangkut kesehatan ikan,  ciri ciri ikan sehat dan ikan yang sehat konsumsi. Tak sekedar itu,  BKIPM Entikong juga melihat lihat apakah ikan yang dijual sesuai standar,  kemudian pendistribusian,  penyimpanan ikan tersebut bagaimana kondisi ikan,  bentuk ikan,  terus bagaimana ikan itu disimpan seperti apakah ada Cool Storage atau tidak. 

Selain kepada managemen hypermart maupun petugaa swalayan,  tim BKPIM Entikong juga menyampaikan kepada warga terkait ciri ciri ikan sehat dan segar maupun layak konsumsi.  Hal ini bertujuan konsumen teliti  sedangkan untuk pengusaha harus menjadikan mutu ikan yang utama.

"Kita harapkan baik pengusaha perikanan maupun masyarakat sama sama terlindungi.  Pengusaha perikanan menjual ikan bermutu dan ikan yang dibeli masyarakat untuk dikonsumsi pun aman," katanya. (*) 

Berita Terkait