Momentum Mencintai Alquran

Momentum Mencintai Alquran

  Kamis, 29 Oktober 2015 10:17
Gambar dari internet - artikelislamiku.blogspot.com

Berita Terkait

MEMPAWAH- Pemukulan beduk oleh Bupati Mempawah, H Ria Norsan menandai dimulainya penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 Kabupaten Mempawah di Komplek Pelabuhan Kuala Mempawah, Selasa (27/10) malam.Tak kurang dari seribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan acara seremoni pembukaan event dua tahunan itu.“Pemerintah Kabupaten Mempawah memberikan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana baik di tingkat kabupaten maupun LPTQ yang telah semaksimal mungkin mempersiapkan pelaksanaan MTQ ini,” kata Ria Norsan mengawali sambutannya.

Bupati menerangkan, penyelenggaraan MTQ bertujuan untuk mencari bibit qori dan qoriah terbaik yang nantinya akan mewakili Kabupaten Mempawah pada event yang sama ditingkat provinsi.“Secara umum, tujuan lain dari pelaksanaan MTQ untuk mensyiarkan Islam dan mengenalkannya kepada generasi muda agar mencintai dan mengamalkan alquran Sebab, alquran itu pedoman sekaligus petunjuk bagi umat manusia hingga dapat membedakan antara yang hak dan bathil,” paparnya.Melihat pentingnya penyelenggaran MTQ sebagai ajang seleksi dan syiar islam, maka Bupati berpesan kepada para dewan hakim yang bertugas memberikan penilaian kepada seluruh qori dan qoriah, agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan menjunjung tinggi nilai-nilai profesional.

“Saya yakin dan percara, dewan hakim merupakan SDM yang berilmu dan objektif dalam memberikan penilaian. Karena, penilaian yang profesional akan membawa kebaikan bagi daerah Kabupaten Mempawah dimasa mendatang. Mudah-mudahan seluruh rangkaian pelaksanaan MTQ berjalan lancar dan sukses hingga menghasilkan qori dan qoriah terbaik,” harapnya.Ditempat yang sama, Ketua LPTQ Kabupaten Mempawah, H Ismail menjelaskan, MTQ merupakan program dua tahunan yang diselenggarakan LPTQ mulai dari tingkatan desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional.

“Penyelenggaraan MTQ untuk mensyiarkan kalam Illahi, sekaligus menumbuhkembangkan semangat ukhuwah umat islam dalam memahami, menghayati dan mengamalkan alquran dilingkungan kehidupan sehari-hari,” pendapatnya.Lebih dari itu, imbuh Ismail yang juga menjabat Asisten II Setda Pemkab Mempawah itu, penyelenggaraan MTQ diharpakan mampu  memotivasi generasi muda islam agar senantiasa gemar membaca, mempelajari dan memaknai isi kandungan alquran dalam keseharian hingga menjadi masyarakat yang agamis dan berkualitas.

“Makanya pelaksanaan MTQ dilaksanakan secara bergiliran disetiap kecamatan. Dengan demikian diharpakan dapat meningkatkan nuansa kehidupan yang semakin relegius dan harmonis baik antar sesama umat islam maupun dengan pemeluk agama lainnya seiring peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada sang pencipta,” ujarnya.Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke-29 Kabupaten Mempawah, Firmanto menjabarkan, penyelenggaraan MTQ diikuti para kontingen dari sembilan kecamatan di Kabupaten Mempawah. Para peserta akan mengikuti sejumlah cabang lomba yang telah ditetapkan seperti tilawah quran golongan tartil anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra. Sedangkan hafidz meliputi golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz serta cabang lomba lainnya.

“Total kontingen sebanyak 310 orang yang terdiri dari peserta, official dan lainnya. Para peserta akan kami titipkan dirumah-rumah warga yang ada di Kelurahan Pasir Wan Salim Kecamatan Mempawah Timur,” bebernya.Kemudian, lanjut Firmanto, sumber keuangan yang didapatnya dalam penyelenggaraan MTQ berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten Mempawah.“Bantuan lain yang berasal dari pemerintah daerah yakni pembuatan mimbar utama MTQ, penampilan tarian kolosal dari Dishbbudpar dan sumbangan para PNS serta masyarakat di Kecamatan Mempawah Timur,” terangnya.Untuk itu, Firmanto yang juga Camat Mempawah Timur ini mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif baik materil maupun moril hingga penyelenggaraan MTQ ke-29 dapat berlangsung sedang baik dan lancar.

“Selaku tuan rumah, kontingen Mempawah Timur berhasrat untuk merebut kembali piala bergilir Bupati Mempawah yang ke-empat kalinya. Sebab, sejak MTQ di Sungai Pinyuh, Segedong dan Anjongan, kontingen Mempawah Timur selalu tampil menjadi juara umum. Karenanya, kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat,” tukasnya.

Malam puncak pembukaan MTQ ke-29 tingkat Kabupaten Mempawah berlangsung semarak dan meriah. Ribuan masyarakat memenuhi komplek mimbar utama MTQ di Pelabuhan Kuala Mempawah. Berbagai tampilan acara disajikan mulai dari aksi marching band, tarian kolosal, latunan ayat suci alquran hingga pesta kembang api.

Sejumlah pejabat daerah pun tampak hadir dalam kesempatan itu seperti Wakil Ketua DPRD Kalbar, Ermin Elvian, SH, Sekda, DPRD Mempawah, Kepala SKPD, Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan element masyarakat lainnya. MTQ ke-29 tingkat Kabupaten Mempawah ini akan ditutup pada Sabtu (31/10) malam mendatang.(wah)

Berita Terkait