Minta Warga Kenalkan Indonesia Ke Negara Jiran

Minta Warga Kenalkan Indonesia Ke Negara Jiran

  Jumat, 26 Agustus 2016 09:35
BAKTI: Kanwil Pertahanan Kalbar saat melakukan bakti TNI di Sekayam, kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

PONTIANAK — Kementerian Pertahanan melalui Kantor Wilayah Pertahanan Kalbar mengadakan penyuluhan hukum dan sosialisasi batas darat bagi masyarakat di wilayah perbatasan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Rabu (25/8). 

Kepala Kantor Pertahanan Kalbar, Masekal Pertama Rakhman Haryadi mengatakan, penyuluhan hukum dan sosialisasi batas darat bagian dari unsur penting untuk menekan terjadinya kejahatan di wilayah perbatasan. 

“Di tangan masyarakat perbatasan, keberhasilan dan pencegahan terhadap masalah yang bisa mengganggu kelancaran kemajuan bisa ditekan,” kata Rakhman.

Rakhman menyebut, ancaman yang bisa mengganggu kelancara keberhasilan pembangunan di perbatasan, di antaranya tentang penyelundupan narkotika, traficking dan permasalahan batas darat lainnya. Dengan penyuluhan hukum dan sosialisasi batas darat, masyarakat diminta untuk turut berperan aktif membantu pemerintah. 

“Masyarakat bisa membantu dengan cara melaporkan kepada petugas keamaan apabila melihat atau mendengar adanya pelanggaran hukum. Misalnya human trafficking, narkoba, atau bahkan pergeseran patok perbatasan,” ujarnya. 

Rakhman menyadari, upaya untuk berani berbuat benar adalah sesuatu yang berat. Namun, dia yakin jika masyarakat bersatu dan menginginkan kemajuan untuk perbatasan. Hal itu bisa dicapai. 

“Masyarakat perbatasan adalah seorang pahlawan yang menjaga dan mengawal keutuhan NKRI, sebagai orang yang terdepan, mengenalkan Indonesia kepada negara tetangga,” katanya. 

Kegiatan penyuluhan dan sosialisaasi hukum dan batas darat ini diikuti dengan berbagai kegiatan bhakti TNI, seperti  pengobatan umum gratis dan kegiatan sosial lainnya. (gus) 

Berita Terkait