Minta Komitmen Bangun Sambas

Minta Komitmen Bangun Sambas

  Senin, 24 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

Minta Komitmen Bangun Sambas

PONTIANAK – Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menggelar dialog dengan para pengusaha perkebunan sawit yang berusaha di Kabupaten Samba, Jumat (21/10) malam. Acara yang digelar di Hotel Kini, Pontianak tersebut dihadiri oleh 30-an pengusaha perkebunan sawit. Turut hadir pula Wakil Bupati Kabupaten Sambas Hairiah, Ketua DPRD Kabupaten Sambas, dan beberapa pejabat Pemkab Sambas.

 

Atbah mengatakan, pihaknya ingin kembali meminta komitmen dari pelaku usaha perkebunan kelapa sawit terhadap pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di sekitar perkebunan. “Hari ini kami bersilaturahmi dan berkomunikasi untuk sama-sama membangun Kabupaten Sambas. Kelapa sawit ini adalah sektor usaha yang cukup dominant di Sambas, sehingga sangat berpengaruh terhadap ekonomi setempat,” sebut dia.

 

Diskusi tersebut juga membahas masalah-masalah di lapangan. Beberapa yang menjadi perhatian adalah soal perselisihan izin, pemberdayaan kebun plasma, amdal, CSR dan industri hilir. “Kita menemukan dan mendapat laporan tentang permasalahan-permasalahan tersebut. Ada perusahaan yang lahannya menganggur. Ada juga yang izinnya bermasalahh. Tetapi dari masyarakat ada juga aduan soal kebun plasma yang tak mendapat perhatian,” ucapnya.

 

Atbah menilai, perusahaan harus menyelesaikan masalah yang melanggar atuuran tersebut.  Pemkab Sambas sendiri, kata dia, siap memfasilitasi pihak perkebunan sejauh yang menjadi koridornya. Menurut dia, perkebunan sawit memiliki pengaruh terhadap kemajuan ekonomi Sambas. Terutama dari penyerapan tenaga kerja.

 

“Banyak tenaga kerja yang diserap oleh perkebunan. Tetapi kita berharap lebih banyak lagi. Tidak hanya untuk pekerja kasarnya saja, tentu tenaga kerja lokal juga harus diberi kesempatan untuk posisi di level menengah ke atas. Orang Sambas ini cerdas dan mampu mengemban itu. Jangan semua didatangkan dari luar,” sebut dia.

 

Pertemuan itu berlangsung hangat dan akrab. Bupati mengatakan, hasil dialog itu akan dibicarakan lebih lanjut untuk dijadikan bahan kebijakan pemerintah ke depannya. “Akan ada diskusi lanjutan nantinya. Para pengusaha akan kami undang ke Sambas untuk pembicaraan yang lebih komplek. Tentu kita harap hadir semua. (ars/ser)

Berita Terkait