Minta Infrastruktur Pendidikan Diperhatikan

Minta Infrastruktur Pendidikan Diperhatikan

  Selasa, 11 Oktober 2016 08:52

Berita Terkait

SINTANG-Kepala Desa Mon Bai Kecamatan Kayan Hilir, Ayub mengatakan fasilitas serta sarana pendidikan di wilayahnya masih memprihatinkan. Pemerintah diharapkan memberi perhatian agar infrastruktur pendidikan di Mon Bai terbenahi. 

“Fasilitas pendidikan yang jauh dari kategori memadai untuk proses belajar mengajar anak-anak didik,” kata Ayub.

Dia merinci, di Mon Bai terdapat dua bangunan SD, satu bangunan SMP, satu bangunan SMA dan satu bangunan SMK. Bangunan dua SD dan satu SMP, lanjutnya perlu perbaikan. Sementara, SMA dan SMK bangunan fisik sudah cukup baik. Hanya saja fasilitasnya harus ditambah.

Ia turut berharap kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akurat dalam penempatan guru kontrak. Pengisian guru kontrak dinilai harus selektif dengan menyesuaikan kebutuhan. Artinya, disesuiakn dengan kebutuhan, bukan dengan kepentingan dinas terkait.

Ia menambahkan, kalau menyesuaikan  dengan kebutuhan lokal setempat, seyogyanya  pihak terkait harus menghargai  sumbang, saran dan pikiran dari masyarakat.

Karena itu, Ayub tetap berharap akan perhatian Pemkab Sintang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang merealisasikan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di Desa Mon Bai. Sehingga, lanjutnya, anak di Desa Mon Bai dapat merasakan kehadiran pemerintah dalam dunia pendidikan, dengan merasa nyaman akan fasilitas yang disediakan pemerintah.

Ketua Komisi C DPRD Sintang, Tuah Mangasih mengatakan, persoalan pendidikan bukan hanya menimpa Sintang, namun sudah menjadi persoalan nasional. Hanya saja pemerintah tetap diminta terus membenahi infrastruktur pendidikan.

“Kita tetap mengharapkan ada perhatian serius dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten untuk memberi perhatian akan kondisi pendidikan,” katanya.

Ia menambahkan, sudah merupakan harapan para pelajar bisa  belajar dengan aman dan nyaman di sekolah. Fasilitas sekolah yang memadai harusnya bukan hanya di wilayah perkotaan.(stm)

 

Berita Terkait