Minta Calon Diloloskan

Minta Calon Diloloskan

  Senin, 24 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

SINGKAWANG-Puluhan warga melakukan unjuk rasa di kantor KPU Singkawang Minggu (23/10) kemarin. Mereka merupakan massa pendukung dari pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang dari jalur independen.

Kedatangan mereka meminta agar pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Moses Ahie - Amir Fattah (MAAF) lolos untuk ditetapkan sebagai calon pada Pilkada 2017. 

"Massa sudah memberikan dukungan KTP sebanyak 38 ribu, tapi setelah dilakukan verifikasi ternyata dukungan untuk Moses Ahie masih kurang 2 ribu saja," ungkap Hermanus, perwakilan massa.

Ia menilai jika KPU tidak pernah menyampaikan peraturan terkait soal pencalonan pasangan calon independen. Untuk itu, dia beserta massa yang datang meminta agar KPU Singkawang meloloskan semua pasangan calon untuk ditetapkan sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang.

"Loloskan semua kalau mau damai," pintanya.

Sementara itu. Ketua KPU Singkawang, Ramdan mengatakan, jika memang ada temuan-temuan sebaiknya sampaikan persoalan tersebut ke ke Panwaslu kota.

Pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan warga dalam menyalurkan aspirasi. Hanya saja, kata dia, terkait adanya persoalan terkait sengketa Pilkada  mengacu pada ketetapan yang ada.

"Sengketa dan gugatan pengajuan ke panwas. Tiga hari sejak KPU menetapkan calon kepala daerah. Bahkan ini mekanismenya sudah diatur dalam PKPU tahapan Pilkada. Artinya, setiap calon boleh mengajukan gugatan ke Panwaslu setelah penetapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang selama tiga hari, sampailah akhir gugatan itu di tingkat MA (Mahkamah Agung) untuk upaya kasasi," kata Ramdan.  KPU Singkawang, kata dia, wajib untuk menindaklanjuti hal itu jika memang sudah ada keputusan dari MA.

Menurutnya, hal ini semua sudah diatur dalam undang-undang. Bahkan, untuk sekarang ini sudah lebih baik, karena calon bisa melakukan gugatan apabila keputusan KPU masih dianggap keliru.  "Meski demikian, tahapan demi tahapan bakal terus berjalan," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polres Singkawang, Kompol I Nyoman Sarjana mengatakan unjuk rasa berlangsung damai, dan terus dikawal kepolisian. "Kita minta warga tenang," ungkapnya.

Nantinya untuk tahapan penetapan calon di hotel Dangau Senin (24/10) pihaknya akan menerjunkan sebanyak 600 personil dari kepolisian dan Brimob "Pengamanan terdiri dari ring 1, 2 dan 3, ditambah anggota lalu lintas untuk mengatur kendaraan," kata Nyoman. (har)

Berita Terkait