Minimalisir Keluhan, Minta Bantuan Kecamatan

Minimalisir Keluhan, Minta Bantuan Kecamatan

  Sabtu, 28 November 2015 10:53
ARAHAN: Bupati Sambas Juliarti Djuhardi Alwi saat memberikan arahan kepada pemerintahan desa serta warga mengenai pencairan dana desa, dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Tebas, di Desa Tebas Kuala, Kamis (26/11) lalu. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

TEBAS – Bupati Sambas Juliarti Djuhardi Alwi mendukung kemudahan proses pencairan dana desa. Hal itu diungkapkan dia, ketika menggelar kunjungan kerja ke Kecamatan Tebas. Di hadapan warga di Balai Desa Tebas Kuala, Kamis (26/11) lalu, dana desa diakui Bupati, sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kemasyarakatan. 

“Ke depannya, guna meminimalisir keluhan pemerintah desa terhadap proses pencairan dana desa, bisa minta fasilitasi pihak kecamatan,” imbau Bupati. Bupati juga mengingatkan, ketika ingin melakukan proses pencairan dana, yang harus menjadi perhatian bersama adalah semua persyaratan atau berkas-berkas yang diperlukan harus dilengkapi. Bupati juga mengungkapkan bahwa pemerintah daerah saat ini sedang mempersiapkan rumusan baru proses pencairan dana, agar ke depannya tidak terjadi proses yang panjang. Harapan dia, tetap mengacu pada asas taat hukum. "Memang tidak semudah membicarakannya, tapi pemerintah daerah akan memberikan perhatian serius terhadap permasalahan ini,” terang dia. 

Juliarti mengingatkan tentang adanya peningkatan dana desa yang akan mengalir ke desa. Di satu sisi, diakui dia, berdampak besar bagi pembangunan desa, namun di sisi lainnya harus benar-benar bisa dikelola dengan baik dan benar. Dia mengingatkan agar dalam pengelolaannya kelak tidak menimbulkan konsekuensi hukum yang menyulitkan aparatur desa. "Dengan program pemerintah yang sekarang, perhatian pendanaan kepada desa sekarang semakin lebih baik dan semakin besar. Tentunya itu adalah kerjaan besar dan tanggung jawabnya juga besar,” papar dia. 

Pemerintah daerah, dijelaskan dia, sedang merancang regulasi terkait mendorong peningkatan kualitas kinerja pemerintahan desa dan aparaturnya. Juliarti juga mengungkapkan bahwa pemerintah daerah meminta desa agar dalam pengelolaan anggarannya, turut memberikan perhatian lebih serius kepada kesejahteraan warga, perangkat desa, hingga ke tingkat RT. “Dana desa harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan desa dan warganya," ingat dia. 

Bupati berharap dengan besaran dana desa yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, pihak desa akan lebih mudah dan nyaman dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Seperti, dimisalkan dia, perhatian kepada kegiatan kepemudaan, perayaan hari besar keagamaan, serta memfasilitasi warga tidak mampu dalam mengakses pendidikan dan kesehatan. "Kelola dengan baik dana desa, lakukan dengan musyawarah dan mufakat,” saran Juliarti. 

Pada momentum pertemuan dengan masyarakat Desa Tebas Kuala tersebut, Bupati mengemukakan bahwa pemerintahannya saat ini telah berupaya memberikan perhatian lebih kepada RT, berkaitan dengan insentif kinerja mereka. Hanya saja, diharapkan Juliarti, ketika nanti sudah direalisasikan peningkatan insentif bagi RT, harus juga diiringi dengan peningkatan kinerja. “Yang paling tahu kondisi warga di tingkat paling ujung adalah RT, jadi RT harus punya data yang benar-benar valid, RT harus benar-benar tahu mana warganya yang kurang mampu, data pendidikan warga, dan lain-lain. Pemda sangat mengerti kondisi RT sebagai bagian paling ujung dalam pelayanan pemerintahan, pemda berupaya akan memberikan perhatian lebih dengan peningkatan insentif bagi RT secara bertahap,” pungkasnya. (har)

 

Berita Terkait