Minifigur yang Asyik Jadi Objek Foto

Minifigur yang Asyik Jadi Objek Foto

  Jumat, 16 September 2016 09:25

Berita Terkait

MINIATUR figur tersebut memang menarik dijadikan objek foto. Misalnya, Adiska Agna Florensa yang suka ngulik menjadikan figur-figur mungil itu menjadi foto nyeleneh. Koleksinya saat ini mencapai 100 buah figur. Laki-laki yang akrab disapa Diska tersebut menggandrungi figur dengan aktivitas sehari-hari. Antara lain, pekerja kantoran yang berpose membawa tas lengkap mengenakan kemeja, pembantu rumah tangga dengan sapu di tangan, dan seorang pendaki gunung.

 
Menurut dia, tantangan memotret dengan objek mini jauh lebih sulit. Tidak sekadar membidiknya dengan lensa kamera, Diska tentu juga harus mencari benda yang berukuran normal. Benda tersebut digunakan sebagai pembanding. ’’Jadi kelihatan kalau memang kecil,’’ ujar laki-laki 29 tahun tersebut.

Dia mencontohkan cara mengatur foto dengan miniatur yang disebutnya ’’tuyul’’ tersebut. Di depan Jawa Pos, Diska membuat suasana kemping di pegunungan. Ide itu langsung saja tercetus di benak Diska saat melihat tahu goreng dan tusuk gigi. Awalnya, dia menata tahu goreng. Lalu, tusuk gigi ditancapkan ke pinggiran tahu goreng. Setelah itu, dia memilih dua figur yang sesuai dengan suasana tersebut. Dua miniatur yang dipilihnya mengenakan pakaian traveler, lengkap dengan tas gunung di punggung.

Dalam sehari, dia memiliki target menghasilkan satu karya foto. Kapan pun dan di mana pun dia berada. Kalau ide muncul, Diska memilih langsung mengeksekusinya. ’’Saat lagi di pesawat, lalu muncul ide, ya, langsung keluarkan ’tuyul’ deh,’’ ungkapnya. Karena itulah, dia selalu membawa satu tas yang berisi seluruh koleksi lengkap dengan aksesori serta kamera. Bagi dia, hobi koleksi sekaligus foto miniatur tersebut bisa menghilangkan stres.

Head Store Artland Nina Ismaya menjelaskan, miniatur di Surabaya semakin digemari. Miniatur figur memiliki beragam skala. Yang paling banyak digunakan adalah skala 1:87. Namun, ada pula yang berskala 1:100. Berdasar jumlahnya, miniatur figur terdiri atas dua jenis, single figure dan set figure. ’’Misalnya, ini satu set figur city workers,’’ jelasnya. Pemilihan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kolektor. (bri/c5/jan)

Berita Terkait