Michelin Siapkan Kompon Medium di Silverstone

Michelin Siapkan Kompon Medium di Silverstone

  Rabu, 24 Agustus 2016 09:30
Jorge Lorenzo

Berita Terkait

Lorenzo Tercepat di Post-Race Test Brno

BRNO--Menanggapi banyaknya kritik yang masuk perihal performa ban yang mereka sediakan untuk lintasan basah, Michelin sebagai pemasok tunggal ban MotoGP kemarin angkat suara. Pabrikan asal Prancis itu berjanji menyediakan ban basah berjenis medium pada seri selanjutnya di sirkuit Silverstone, London (4/9).

Manajer Michelin Piero Taramasso mengkonfirmasi hal tersebut. Ban medium untuk trek basah dipastikan bakal dibawa Michelin ke Silverstone setelah sebelumnya telah menjalani pengujian di sirkuit Sachsenring. 

“Semoga keadaannya akan lebih baik. Kami masih belum menentukan apakah hanya akan membawa soft dan medium, atau ketiganya (soft, medium, hard). Yang jelas, ban medium akan kami bawa,” ucap Taramasso dilansir motorsport.

Ban berkompon lunak alias soft untuk lintasan basah yang disediakan Michelin sedang mendapat sorotan tajam. Itu setelah balapan seri kesebelas di Brno, Republik Ceko Minggu kemarin (21/8).

Saat lintasan mulai mengering pasca hujan turun, empat pembalap yang menggunakan ban depan soft mendapat bencana karena ban depan mereka mulai mengelupas dan terus terkikis di lintasan. Keempat pembalap itu adalah duo Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso. Sang juara bertahan Jorge Lorenzo juga tertimpa musibah tersebut. Pembalap Pramac-Ducati Scott Redding menjadi satu pembalap lain.

Michelin paham kenapa para pembalap tersebut kecewa. Namun, mereka juga menyebut bahwa keadaan tersebut juga risiko dari pemilihan ban lunak yang mereka kenakan. “Mendekati final lap, seluruh lintasan kembali kering sepenuhnya. Di saat itulah ban depan mereka mulai menderita,” ucap Taramasso.

Di lain sisi, setelah tercecer finish di urutan 17 pada balapan Minggu kemarin, Lorenzo bangkit dengan menjadi yang tercepat pada post-race test di Brno pada Senin sore. Pembalap asal Spanyol itu membukukan catatan waktu tercepat dengan raihan 1 menit 55.394 detik. Rekan setimnya Valentino Rossi berada di peringkat kedua terpaut 0,371 detik.

Yang menarik, Lorenzo mencatatkan waktu tersebut dengan menggunakan sasis Yamaha yang lama. Padahal, dalam uji coba tersebut Yamaha sedang melakukan tes terhadap pengembangan sasis terbaru mereka. 

Penolakan Lorenzo mengenakan sasis baru Yamaha langsung dihubung-hubungkan dengan masa depannya yang akan menunggangi Ducati musim depan. Namun, dia langsung mengelak. “Rossi mungki lebih suka dengan (sasis) yang baru. Kami punya keputusan yang berbeda,” ucap Lorenzo. (irr)

Berita Terkait