Mesti Awasi Anak

Mesti Awasi Anak

  Rabu, 17 February 2016 08:35
Darmanelly

Berita Terkait

KEPALA Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pontaianak Darmanelly meminta kepada orang tua untuk selalu mengawasi pergaulan anak-anak yang menginjak usia remaja. Pasalnya di usia tersebut merupakan masa pencarian jati diri. Hal itu membuat sedikit khawatir terlebih melihat pemberitaan kelompok lesbian, gay, bieseksual dan transgender belakangan ini terus mencuat ke permukaan.

“LGBT merupakan penyimpangan seks yang dilakukan segelintir individu. Ini bukan penyakit menular, namun lebih kepada kebiasaan dan gaya hidup seseorang atau kelompok,” ucapnya kepada Pontianak Post, Selasa (16/2).Dalam agama jelas melarang perbuatan itu. Sebagai antisipasi perlu ada pemahaman mengenai informasi tentang LGBT. Orang tua mesti memberi informasi terutama bagi anak yang menginjak usia remaja. Di usia peranjakan jelasnya  seseorang masih mencari jati diri. Di usia rawan itu ia tak ingin mereka justru ikut terjerumus ke pergaulan yang salah. “Kita perlu memberi pemahaman ke orang tua begitu anaknya menginjak remaja perlu di dampingi,” terangnya.

Dia mencontohkan, ketika anak remaja mengalami masa puber mereka sudah mengetahui lawan jenis. Jangan sampai ini keliru dan mereka justru menyukai lawan sejenis. Apabila cinta kepada orang tua, sahabat itu boleh. Namun jangan sampai mereka menyimpang dari ajaran agama.Untuk mencegah merebaknya LGBT, pihaknya terus melakukan sosialisasi. BPMPAKB Pontianak memiliki bidang KB, Genre dan pusat informasi konseling bagi remaja tentang kesehatan reproduksi remaja. Itu sebagai wadah penyampai informasi. Setelah pesan sampai di segelintir remaja, Darmanelly berharap mereka (remaja) dapat menyampaikan kembali ke teman-teman guna dipahami.

Perlu dilakukan diskusi untuk mengetahui apa LGBT dan melakukan pencegahannya. Jika dibiarkan bisa beraibat fatal, dengan penyakit terparah HIV AIDS. Penyakit mematikan itu tertular akibat penyimpangan seks, salah satunya dengan melakukan hubungan sesama jenis yang tingkat penularannya lebih tinggi.   “Saya imbau orang tua amati anak-anaknya terutama yang menginjak masa remaja. Saat mencari jati diri sering terjadi kegalauan, orang tua mesti pandai bersahabat dengan anak dengan menanyakan sejauh mana tumbuh kembang kejiwaannya,” timpalnya.(iza)

 

Berita Terkait