Meriam Karbit Tetap Berdentum

Meriam Karbit Tetap Berdentum

  Minggu, 3 July 2016 14:19
FOTO; HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SETIAP akhir Ramadan, tepatnya pada malam takbiran, warga Kota Pontianak dan sekitarnya dapat menikmati suguhan khas permainan tradisional. Hingga kini permainan tersebut masih terus dilestarikan.  Permainan itu adalah meriam karbit. Atraksi permainan dengan dentuman suara yang memekakkan dan terdengar hingga penjuru kota.
Meriam karbit yang terbuat dari batang kayu bulat memiliki ukuran diameter kira-kira 60 centimeter dan panjangnya antara 500-700 centimeter. Dalam proses pembuatannya, kayu bulat panjang dibelah dan dilubangi bagian dalamnya, kemudian digabungkan kembali dan diikat dengan rotan supaya kuat dan terik agar tidak ada air dan udara yang dapat merembes pada bagian kayu bekas belahan.

Permainan meriam karbit yang rutin digelar di pinggiran Sungai Kapuas,cukup banyak menarik perhatian masyarakat. Mereka harus rela berdesak-desakan menyusuri gertak sempit di tepian sungai agar bisa melihat langsung permainan meriam ini. Berbagai macam ekspresi muncul saat meriam mulai disulut api. Duumm…duumm… suara meriam karbit menggelegar. Sontak masyarakat yang menyaksikan menutup telinganya rapat-rapat dan ada juga dari mereka yang berteriak keras seakan terkejut mendengarkan suara meriam.

Namun kini sangat disayangkan, kelestarian permainan tradisional yang sudah diwariskan secara turun temurun ini mulai kesulitan untuk mendapatkan bahan baku berupa kayu dan keterbatasan sumber dana. Akan tetapi, tantangan tersebut tidak membuat penggiat permainan tradisional meriam karbit di kota Pontianak terpaku dan menyerah begitu saja. Ada beberapa warga yang bersama-sama bergotong royong mengumpulkan dana setiap tahunnya untuk memeriahkan festival meriam karbit yang diadakan setiap malam menjelang Idulfitri. Mereka begitu antusias untuk berpartisipasi melestarikan tradisi permainan ini. Dan mereka berharap budaya permainan meriam karbit tak lekang tergerus zaman dan tetap terus lestari. (*)

Berita Terkait