Meriam Karbit Sudah Punya HAKI

Meriam Karbit Sudah Punya HAKI

  Jumat, 16 September 2016 13:06

Berita Terkait

PONTIANAK–Masyarakat Kalbar khususnya Kota Pontianak patut berbangga karena salah satu permainan rakyat yang memiliki nilai sejarah tinggi di kota ini telah mendapat pengakuan. Meriam karbit yang erat kaitannya dengan peristiwa berdirinya Kota Pontianak resmi terdaftar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)-nya.

Kepala Disbudpar Kota Pontianak Hilfira Hamid mengatakan, meriam karbit sudah didaftarkan untuk mendapatkan HAKI sejak tahun lalu. Yaitu sebagai salah satu permaianan tradisional masyarakat Kota Pontianak.

Prosesnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Setelah masuk di sana, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Termasuk sidang penjelasan bagaimana proses lahirnya kebudayaan tersebut dan apa saja kegiatan yang selalu dilaksanakan terkait meriam karbit ini di Kota Pontianak.

"Akhirnya setelah sidang terakhir, selama dua hari, Rabu (14/9) dan Kamis (15/9) kemarin di Jakarta, ditetapkan bahwa, meriam karbit resmi memiliki HAKI," ujar Hilfira.

Sebenarnya lanjut dia, pada kesempatan tersebut dari Kalbar ada dua hal yang ditetapkan HAKI-nya, selain meriam karbit juga budaya robo-robo dari Kabupaten Mempawah.

Sementara se-Indonesia hanya ada delapan provinsi yang beberapa produk budayanya mendapat HAKI. "Sampai sekarang ada satu lagi dari Pontianak sedang dalam proses penetapan HAKI, yaitu motif corak insang," tandasnya.

Seperti diketahui tahun ini, meriam karbit juga akan menjadi salah satu festival dalam rangka memeriahkan HUT ke-245 Kota Pontianak. Tapatnya diselenggarakan pada 19-21 Oktober 2016 di Kecamatan Pontianak Timur.(bar)

Berita Terkait