Meretas Jalan Membangun Bumi Intan

Meretas Jalan Membangun Bumi Intan

  Rabu, 16 December 2015 07:42   899

Oleh: Pitalis Mawardi B

TULISAN ini merupakan catatan kegiatan ketika kami bersama tim dosen dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP – PGRI Pontianak), Melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Landak, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang diamanatkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) bagi setiap dosen  untuk melengkapi dua tugas utama yaitu Pendidikan dan Pengajaran serta Penelitian.
Pemerintah Kabupaten Landak Sesuai dengan Visi dan Misinya Yaitu: “Masyarakat Kabupaten Landak yang Cerdas dan Berdaya Saing” artinya Masyarakat Cerdas menunjukan visi Pemerintah Kabupaten Landak yang bercita – cita mewujudkan masyarakat Kabupaten Landak sebagai sumber daya manusia yang berkualitas, baik dari segi pendidikan yaitu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga professional dalam bidangnya maupun dari segi derajat kesehatannya, yaitu sehat jasmani dan rohani.
Masyarakat yang cerdas di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraannya dan mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan di daerahnya. Kemudian Masyarakat yang berdaya saing artinya; Menunjukan Visi Pemerintah Kabupaten Landak yang bercita – cita mewujudkan masyarakat kabupaten landak yang memiliki keunggulan(advantages) dalam bidang ekonomi, politik, social dan budaya. Pada akhirnya diharapkan dapat menjadi kunci utama keberhasilan pembangunan ekonomi yang berhubungan dengan tujuan pembangunan daerah dalam mencapai tingkat kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan.
Sedangkan Misi Pemerintah Kabupaten Landak adalah ; 1. Mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia, 2. Mewujudkan Industri yang berbasis agro dan mineral, 3. Mewujudkan Peningkatan ekonomi rakyat berkelanjutan melalui pembangunan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, 4. Mewujudkan pembangunan prasarana wilayah, 5. Mewujudkan pelestarian lingkungan hidup dan ketahanan budaya, dan 6. Mewujudkan tatakelola pemerintah yang baik. Dengan demikian untuk mewujudkan Visi dan Misi tersebut Pemerintah Kabupaten Landak perlu didukung oleh semua komponen, terutama guru sebagai unsur penting dalam pengembangan sumber daya manusia di kabupaten landak. Keberadaan guru merupakan wujud nyata dari the agent of change, guru sebagai pembaharu, sebagai bagian dari sejarah bangsa, Sehingga perannya sangat pital dalam peradaban bangsa kita.
Terobosan Inovatif yang di laksanakan oleh pemerintah kabupaten landak dalam hal ini yang menjadi leadingsector adalah dinas pendidikan kabupaten landak, patut di berikan apresiasi yang tinggi, mereka menempatkan guru sebagai bagian penting yang memang harus menjadi perhatian khusus, Pengembangan kompentensi guru menjadi skala prioritas karna guru adalah cikal bakal dalam kemajuan peradaban bangsa. Perhatian Tinggi Pemerintah Daerah Kabupaten Landak dalam pembangunan sumber daya manusia juga terbukti dengan keseriusan mereka dalam menyekolahkan putra/putri terbaik kabupaten landak untuk menempuh pendidikan tinggi di pulau jawa, dan beberapa lagi menempuh pendidikan di luar negeri. Kesemua putra/putri terbaik tersebut mendapat beasiswa penuh dari Pemerintah kabupaten landak. Agen – agen tersebut di persiapkan untuk membangun binua landak di masa depan. Di tengah – tengah ibukota kabupaten landak (Ngabang), juga berdiri kokoh kampus Stkip Pamane ‘Talino, kampus tersebut merupakan symbol nyata bahwa kabupaten landak sangat serius dalam membangun sumber daya manusianya. Dengan kekuatan sumber daya manusia niscaya kabupaten landak dapat bersaing dan menempatkan kabupaten landak sebagai daerah yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam tataran local, nasional dan global.
Pola Pembangunan Sumber daya Manusia yang di usung pemerintah kabupaten landak hendaknya menjadi contoh nyata bagi pemerintah kabupaten/kota lainnya yang ada di provinsi Kalimantan barat, sudah seharusnya kita belajar mengadaptasi strategi – strategi serta kebijakan yang mereka lakukan, pengembangan sumber daya manusia adalah jalan yang tepat untuk membangun negeri ini dari segala ketertinggalan,  sudah semestinya kitacollingdowndan menyadari bahwa untuk membangun bangsa yang besar ini butuh keseriusan, butuh pengorbanan, kita jangan hanya bersibuk diri dengan membuat kebijakan - kebijakan yang tidak populis, yang tidak ada relevansinya terhadap kemajuan suatu daerah. Dan kita juga mesti bercermin dari beberapa Negara maju di kawasan Asia seperti Jepang, Korea Selatan dan paling terdekat tetangga kita Singapura, Mereka Negara yang di anggap memiliki Sumber Daya Alam yang sedikit tetapi memiliki kualitas sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mereka menjadi Negara – Negara super powert. Mereka fokus membangun sumber daya manusianya, sehingga menjadi penopang utama untuk memajukan negerinya. Semoga sebagai negeri yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah  kita juga mampu menjadi negeri yang menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, sehingga kita tidak hanya berfungsi sebagai penonton di pinggir lapangan tetapi sebaliknya mampu berperan sebagai pemain di dalam lapangan. Semoga.

*)Dosen IKIP PGRI Pontianak
Catatan kegiatan pengabdian
pada masyarakat di Kabupaten Landak