Merawat Kesehatan Gigi Anak

Merawat Kesehatan Gigi Anak

  Kamis, 13 Oktober 2016 09:30
BERSAMA: Para siswa SD yang diajari merawat gigi dengan menggosok gigi bersama dengan diawasi tim dari PPGI. ISTIMEWA

Berita Terkait

PPGI Baksos ke Sekolah

SADANIANG-Memeringati Hari Kesehatan Gigi Nasional, SDN 3 kecamatan Sadaniang, kabupaten Mempawah dijadikan lokasi penyuluhan kesehatan gigi dari DPC Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI) Mempawah. 

Mereka hadir ke sekolah tersebut dipimpin langsung oleh ketua PPGI Mempawah Hj Erna Suryani AmdKg. Kegiatan ini dilaksanakan 4 Oktober lalu. Sebanyak 92 murid SD tersebut diperiksa gigi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan kesehatan gigi.

‘’Ini merupakan rutinitas gratis dari PPGI. Tujuannya sebagai pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kesehatan gigi masyarakat,’’ ujar Darwin AmdKg, salah seorang panitia kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan semacam ini dilaksanakan per triwulan sekali. Alasannya menyasar kepada sekolah dasar, karena pemahaman anak terhadap kesehatan gigi masih banyak yang kurang.

Yang dilakukan saat acara tersebut adalah penyuluhan kesehatan gigi, sikat gigi bersama, cabut gigi susu dengan indikasi. Fissure sealant (penambalan pit dan lekukan di mulut, daerah kunyah) Kemudian survey protection dan art.

Kesempatan itu, PPGI menurunkan perawat gigi 32 orang. 

‘’Khusus untuk anak usia sekolah, seperti di TK dan SD sangat rentan terhadap caries/ penyakit gigi. Disamping itu, kebanyakan anak takut ketika giginya hendak diobati. Karenanya, kita berinisiatif menggelar kegiatan ini bekerjasama dengan pihak Puskesmas dan Sekolah,’’ imbuh Darwin.

Pihaknya juga mengaku mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Mempawah dalam bentuk obat-obatan yang digratiskan. Kemudian juga dukungan kepala Puskesmas Sadaniang, M. Hasanuddin SSit.

‘’Demikian juga Kepala SDN 3 yang menyediakan tempat dan muridnya untuk diperiksa kesehatan giginya,’’ ujarnya. Demikian pula dengan Camat Sadaniang, Sukardi Sip yang memberikan menyuport kegiatan triwulanan ini. (ing)

Berita Terkait