Merawat Kehamilan yang Baik

Merawat Kehamilan yang Baik

  Minggu, 6 March 2016 08:42

Berita Terkait

Konsultasi Kandungan

 

Tanya:

Dokter, saya seorang ibu. Saya baru menikah 2 tahun dan sekarang sedang hamil anak pertama. Saya sangat khawatir dengan kehamilan saya, apakah nanti bisa melahirkan normal atau tidak. Mohon penjelasannya, terima kasih.

 

Tanya:

Terima kasih atas pertanyaannya. Kehamilan merupakan impian setiap pasangan yang berumah tangga, apalagi dengan kondisi seperti yang ibu alami. Sejak awal suatu kehamilan diketahui seorang ibu, maka pemeriksaan kehamilan secara rutin sebaiknya harus dilakukan. Pemeriksaan hendaknya dilakukan minimal tiap triwulan  pada kehamilan awal dan 2 kali pada triwulan akhir. Jika pemeriksaan bisa dilakukan setiap bulan, tentu pemantauan perkembangan janin lebih optimal.

Disamping itu, asupan nutrisi selama kehamilan juga harus diperhatikan. Karena janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang cukup dan seimbang, agar tumbuh kembang janin berjalan optimal. Jika ada gangguan selama kehamilan akan lebih mudah diatasi jika ibu hamil melakukan pemeriksaan secara rutin.

Sering sekali dijumpai, ibu hamil dengan risiko tinggi (misalnya: usia ≥ 35 tahun atau < 20 tahun, hamil dengan hipertensi, jumlah persalinan sebelumnya ≥ 5, kehamilan kembar atau  hamil dengan penyakit kronis lainnya), mengabaikan pentingnya pemeriksaan kehamilan. Sehingga saat kontrol pada petugas kesehatan, sudah dengan berbagai komplikasi.

Pemeriksaan kehamilan secara rutin selain dapat mengontrol tumbuh kembang janin dalam kandungan, dapat mengurangi kemungkinan komplikasi, juga dapat memperkirakan bagamana proses persalinan akan berjalan nantinya. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat, terima kasih. (*)

Berita Terkait