Meraih Keberkahan di Bulan Ramadan

Meraih Keberkahan di Bulan Ramadan

  Jumat, 17 June 2016 09:57   1

Oleh:  H Sabhan A Rasyid

SETIAP kita manusia, pasti dalam menempuh dan menjalani kehidupan ini mendambakan hidup yang disirami dan dipayungi oleh keberkahan dan kebahagiaan. Sebab apabila hidup dipayungi oleh keberkahan, maka apapun nikmat Allah SWT yang dititipkan kepada kita pasti akan membawa kebaikan, kesenangan, ketenangan, kemuliaan, ketentraman dan kebahagiaan  dunia dan akhirat.

Sebaliknya manakala hidup kita tidak mendapat keberkahan, maka nikmat apa saja yang dianugerahkan Allah SWT akan membawa kesusahan, penderitaan dan kesengsaraan.

Apa arti keberkahan hidup itu. Keberkahan berasal dari bahasa Arab, yang asal katanya    “BA-RO-KA” terdiri dari 3 (tiga) huruf. yaitu huruf “BA” adalah “ALBIRRU” artinya “KEBAIKAN”,kemudian huruf “RO” adalah “RAHMAT” artinya “KASIH SAYANG”, serta huruf “KAF” adalah “KAROMAH” artinya “KEMULIAAN”. Dengan demikian apabila seseorang sudah mendapat keberkahan dari Allah SWT, artinya orang tersebut akan diberikan KEBAIKAN, KASIH SAYANG dan KEMULIAAN oleh Allah SWT dunia dan akhirat. 

Dalam kehidupan kita didunia ini kita banyak menerima nikmat Allah SWT, mulai nikmat kehidupan, kesehatan, harta, pangkat jabatan, ilmu, anak dan lain sebagainya.

Apabila nikmat-nikmat tersebut yang diberikan Allah SWT dan kita cari dengan dengan cara baik, benar,  dan halal, yang tetap berdasarkan dan memegang ajaran Allah SWT dan Rasulnya dan tetap berpegang kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. maka pasti hidup kita secara pribadi dan keluarga akan mendapat keberkahan berupa kebaikan, kasih, sayang, kemuliaan, kesenangan, ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan  dunia dan akhirat.

Sebaliknya manakala nikmat seperti harta, pangkat jabatan yang diperoleh tidak mendapat keberkahan, apalagi diperoleh dengan cara yang tidak benar, tidak baik dan tidak halal, dengan melanggar ajaran Allah SWT dan rasulnya serta melanggar dan melawan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. maka pada gilirannya akan membawa kesusahan, penderitaan dan kesengsaraan  bagi diri sendiri dan keluaraga, apalagi karena mendapatkan sesuatu dengan cara yang tidak benar, akhirnya berakibat harus berurusan dengan pihak yang berwajib ( POLRI, JAKSA dan KPK).

Bagaimana untuk memperoleh keberkahan hidup dalam mencapai kebahagiaan hidup. Allah SWT hanya meminta kepada kita dua hal yaitu Iman/Taqwa dan Amal Sholeh. sebagaimana dinyatakan dalam Al-Qur’an surah Ar-Ra’du 29 :

“Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.(S.13 Ar-Ra’d 29)

Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.(S.7 Al-‘Araf 96).

Iman dan taqwa harus dibawa kemana saja kita pergi. Iman dan dan taqwa tidak hanya dibawa ke masjid  dan tempat-tempat ibadah, tapi iman harus dibawa ke kantor, kepasar, ketempat rekreasi, ditempat yang ramai atau sepi, ditempat yang terang ataupun gelap. Selain iman/taqwa pelihara dan kokohkan iman dengan amal kebaikan/amal sholeh dengan banyak berzikir dan mengingat Allah SWT, baik zikir dalam arti terbatas (sholat, puasa, zakat, shodaqoh, umroh/haji) maupun zikir dalam arti luas (tilawatil qur’an, shalawat, doa, wirid, aqiqah, qurban, silaturrahim, talbiyah, azan, khutbah, mengikuti ta’lim/pengajian dan majlis ilmu, termasuk juga kita dalam bekerja mengabdi kepada bangsa dan negara (sepanjang kita bekerja dengan niat ikhlas sebagai titik tolaknya, dan ridho Allah SWT sebagai titik tujunya dan diwujudkan dengan niat, perkataan dan perbuatan yang baik dan benar berdasarkan tuntunan Allah SWT dan Rasulnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Inipun masuk bagian zikir/ibadah kepada Allah SWT).

Apabila dengan landasan  iman/taqwa diiringi dengan amal sholeh, serta memelihara zikir dan ibadah kepada Allah SWT, maka pasti kehidupan rumah tangga, usaha dan pekerjaan akan dijamin Allah SWT swt akan mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan hidup didunia dan di akhirat. Keberkahan dan kebahagiaan diakhirat dengan balasan terbesar dan tertinggi dari Allah SWT swt berupa SURGA.

Bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah, gunakan Ramadhan ini untuk meraih keberkahan dengan memperbanyak zikir. Selain dengan berpuasa, shalat wajib maupaun sunat (termasuk Tarawih dan Witir), Zakat (Zakat Maal dan Zakat Fitrah), Infaq dan Shadakah, serta umrah dalam bulan Ramadhan bagi yang mampu. Karena orang yang umrah pada bulan Ramadhan selain akan menghapus dosanya, maka nilainya sama dengan melaksanakan Haji.

Gunakan kesempatan emas bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan iman/taqwa amal sholeh, dan ibadah zikir kepada Allah SWT. Hanya dengan dengan demikian keberkahan hidup dapat diraih, yang pada gilirannya akan mendatangkan kebaikan, kasih sayang dan kemuliaan serta kebahagiaan hidup dunia dan akhirat.Wallohu’alam.**