Menteri Pertanian Tanam Padi di Entikong

Menteri Pertanian Tanam Padi di Entikong

  Senin, 24 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

SANGGAU – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sanggau sekaligus melakukan tanam padi tutup tahun di Desa Semanget, Kecamatan Entikong, Sabtu (22/10) kemarin. Kunker tersebut turut didampingi oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Dia mengapresiasi tanam padi dengan metode hazton yang dilakukan di Kalimantan Barat. Hasil panennya bisa mencapai 14 ton. Jumlah ini menurutnya sangat luar biasa dan harus dipertahankan guna mewujudkan ketahanan pangan didaerah.

Biasanya, kata dia, tanam padi hanya dilakukan satu kali. Di Kalbar ini, dengan kondisi air yang melimpah maka potensi panen dengan hasil yang besar juga sangat mungkin mengingat Kalimantan sangat subur sekali.

“Kita ini negara besar, harus optimis mudah-mudahan kedepannya kita bisa bangun lumbung di perbatasan kemudian Entikong bisa mensuplai ke negara tetangga seperti Malaysia,” ujarnya.

Diungkapkannya, daerah seperti Nusa Tenggara Timur sudah mulai mensuplai ke Timor Leste. Selain itu, Maluku mensuplai ke Filipina dan Papua mensuplai ke Papua Nugini. “Saat ini produksi jagung meningkat 21persen. Ini yang tertinggi sepanjang sejarah. Saya harap produksi beras kita juga mengalami peningkatan,” harapnya. (sgg)

 

 

 

Berita Terkait