Menpar Arief Yahya Undang Peselancar ke Festival Mentawai 2016

Menpar Arief Yahya Undang Peselancar ke Festival Mentawai 2016

  Selasa, 29 March 2016 06:13
www.mentawaikab.go.id

Berita Terkait

JAKARTA -- Kabupaten Mentawai menggelar Festival Pesona Mentawai, 19-25 April 2016. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan; "Catat tanggalnya, datang, dan nikmati keindahan Mentawai."

Kepulauan Mentawai terletak di lepas pantai Sumatera Barat, dan berbatasan langsung dengan Saumudera Hindia. Bagi wisatawan mancanegara, Mentawai adalah surga berselancar dengan dua titik ombak Lances Right dan Macaronies. Kedua ombak di Mentawai itu masuk dalam 10 terbaik di dunia.

Peselancar mancanegara berkunjung ke Mentawai tiga sampai empat kali dalam delapn musim surfing setiap tahun. Mereka berasal dari Australia, AS, Brasil, Selandia Baru, Jepang, dan Prancis, dan tinggal di Mentawai antara 10 sampai 15 hari.

Pemerintah Kabupaten Mentawai mencatat 84 persen wisman yang datang adalah peselancar, 11 persen adventure, dan lima persen periset dari Eropa.

Saat ini, Mentawai memiliki 73 lokasi selancar, dan 49 masuk kategori eksklusif. Ada 33 situs selam dan 38 lokasi pemancingan.

"Masih cukup waktu untuk membuat rencana perjalanan ke Mentawai," kata Arief Yahya.

Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, mengatakan Festival Pesona Mentawai adalah upaya promosi keindahan Mentawai secara nasional dan internasional.

Festival akan menghadirkan Mentawai Profesional Surf, Prosesi Unik Pernikahan Adat, permainan rakyat khas Mentawai, karnaval budaya, lomba lagu dan tari tradisi, tarian spiritual, prosesi tato tradisional, pelestarian koral dan mangrove, Festival Kuniler Tradisional.

Desti Seminora, kepala Dinas Pariwisata Mentawai, mengatakan perhelatan dipusatkan di Tuapeijat dengan lokasi pelaksanaan di Pantai Mapaddegat, Kecamatan Sipora Utara.

"Kami mengundang pelaku industri pariwisata untuk berpameran," kata Seminora. "Kami akan menyediakan stand secara cuma-cuma."(r)

Berita Terkait