Menpar Arief Yahya: Perbaiki Akses, Pariwisata Jambi akan Maju

Menpar Arief Yahya: Perbaiki Akses, Pariwisata Jambi akan Maju

  Kamis, 14 April 2016 17:13

Berita Terkait

JAKARTA -- Menpar Arief Yahya mengatakan Propinsi Jambi harus memperbaiki amenitas dan aksesibilitas agar bisa mendatangkan 45 ribu wisatawan mancanegara pada tahun-tahun mendatang.
"Untuk atraksi, saya tidak ragu. Jambi punya wisata berbasis alam dan budaya yang menarik," kata Arief Yahya kepada Gubernur Jambi Zumi Zola.
Akses itu, masih menurut Arief Yahya, terkait konektivitas, penerbangan dari dan ke Jambi. Yang juga harus diperhitungkan adalah berapa penerbangan langsung ke Jambi, dan kapasitas angkutnya.
Lebih rinci lagi, masih menurut Arief Yahya, berapa panjang landasan. Jika tidak menggunakan pesawat, moda transportasi apa yang bisa membawa wisatawan ke Jambi.
"Saat ini, wisatawan yang berkunjung ke Jambi masih 15 ribu-an, sepertiga jumlah wisman yang datang ke Banyuwangi -- kabupaten kecil di timur Pulau Jawa," ujar Menpar.
"Jika ingin sukses, Jambi harus memperbaiki aksesibilitas. Badara harus berstandar internasional, sektor swasta akan menyediakan amenitas," demikian Menpar.
Arief Yahya memuji tekad Gubernur Zumi Zola menjadikan Jambi sebagai magnet pariwisata di Pulau Sumatera, dan menargetkan 45 ribu wisman. Menurut Menpar, tekad itu sudah bagus dan menjadi promosi wisata Jambi.
"Apalagi, Gubernur Zumi Zola menyampaikan tekad itu kepada saya. Saya sangat menghargai," kata Menpar.
Arief Yahya juga berharap Gubernur Zumi Zola mulai mengembangkan cultural and creative industry, termasuk pariwisata. Saat ini, Jambi menjual pariwisata-nya dengan tagline; Adventure & Culture Paradise, dengan ikon Gunung Kerinci.**

Berita Terkait