Menpar Arief Yahya Luncurkan International Tour de Banyuwangi Ijen 2016

Menpar Arief Yahya Luncurkan International Tour de Banyuwangi Ijen 2016

  Rabu, 30 March 2016 09:30
www.banyuwangikab.go.id

Berita Terkait

MENTERI Pariwata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), perhelatan tahunan yang akan berlangsung  11-14 Mei di Banyuwangi.

ITdBI ini yang kali kelima berturutan, dan dikemas dengan konsep sport tourism. Lomba berhadian total 100 ribu dolar AS (Rp 1,5 miliar), atau dua kali lipati dibanding tahun lalu.

"Tingginya hadiah sanga mempengaruhi kualitas atlet yang berkompetisi," kata Manpar Arief Yahya.

ITdBI 2016 akan diikuti 20 tim luar negeri dari 29 negara, di antaranya; Azwar Anas mengatakan ITdBI mulai Pishgaman Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, dan Tabriz Shadari Team. Ketiganya adalah tim papan atas Asia.

Peter Pouly, penakluk tanjakan maut Ijen dua kali berturutan, juga akan hadir. Ia akan berusaha mencetak rekor penaklukan tiga kali berturutan. Pouly terkesan dengan Kawah Ijen, dan memberi nama anaknya Pouly Ijen.

Tim dari Eropa yang tertarik tampil di ITdBI berasal dari San Marino, Italia, dan Irlandia.

Ia juga mengatakan ITdBI kini setara dengan Tour de Singkarak dan Tour de Indonesia. Levelnya, lanjut Azwar Anas, 2,2 race.

"Khusus ITdBI 2016, promosi wisatanya sedemikian kental," kata Azwar Anas. "Tema besarnya adalah sport, culture, and tourism."

Azwar Anas punya alasan khusus soal ini. Menurutnya, Banyuwangi baru saja mendapat berkah dengan keputusan Unesco menjadikan Kawah Ijen dan Alas Purwo sebagai cagar biosfer dunia.

Berita Terkait