Menpar Arief Yahya Luncurkan Festival Pesona Palu Nomoni 2016

Menpar Arief Yahya Luncurkan Festival Pesona Palu Nomoni 2016

  Rabu, 22 June 2016 16:07

Berita Terkait

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Walikota Palu Hidayat Msi meluncurkan Festival Pesona Palu Nomoni 2016 di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Jakarta.

Festival yang berlangung 24-26 September bertujuan mempromosikan Palu sebagai destinasi wisata unggulan di Sulawesi Tengah, dan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Target kami 500 ribu wisatawan nusantara (wisnus) dan 25 ribu wisatawan mancanegara (wisman)," kata Walikota Hidayat.

Menurut Hidayat, festival ini bukan sesuatu yang baru tapi telah diselenggarakan sejak lama. Yang membedakan adalah nama.

"Tahun lalu namanya Festival Teluk Palu, kini  Festival Pesona Palu Nomoni," kata Hidayat. "Nomini artinya berbunyi. Jika diartikan keseluruhan nama festival ini adalah 'gemakan sedikit Palu maka akan berbunyi."

Menpar Arief Yahya memberi apresiasi pada penyelenggaraan even tahunan itu sebagai ajang melestarikan potensi wisata dengan keanekaragaman budaya dan kultur adat istiadat yang ada di Palu.

"Festival ini sarana melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," katan Menpar Arief Yahya. "Lebih penting lagi, festival ini akan menggerakan ekonomi masyarakat."

Menurut Hidayat, festival akan dimeriahkan 520 obor di jalan sepanjang 7,3 kilometer. Ada suling dan gendang yang berbunyi saat obor menyala serentak saat festival dibuka.

"Akan ada ritual adat dan panggung budaya sepanjang 7,2 kilometer," kata Hidayat. "Kami juga menggelar festival dokar, dengan seluruh kendaraan masa lalu itu mengangkut wisatawan."

Festival ini kali pertama diselenggarakan tahun 2008, dan masuk agenda tahunan. Menpar Arief Yahya memperkirakan akan ada perputaran uang sangat besar selama festival, yang membuat perekonomian warga bergerak.

Berita Terkait