Menjelajah Gua Terbesar di Dunia

Menjelajah Gua Terbesar di Dunia

  Minggu, 11 September 2016 09:40
JELAJAH GUA: Keindahan salah satu gua di Mulu, Sarawak, Malaysia. STB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

MULU- Berpetualang di dalam gua tentu menjadi pengalaman berharga bagi setiap orang. Bagi yang senang berpetualang, pasti menjadi tantangan paling besar seumur hidup. Pulau Kalimantan menyimpan banyak misteri di dalam gua-guanya yang tersembunyi.

Kali ini Pontianak Post mendapat undangan dari Sarawak Tourism Board untuk mengunjungi Mulu, daerah terpencil yang masuk dalam kawasan Sarawak, Malaysia. Kalau dilihat dari peta, wilayah ini sangat dekat dengan wilayah Kalimantan Tengah, Indonesia.

Pontianak Post menempuh perjalanan dari Pontianak menuju Kuching dengan jarak tempuh 25 menit penerbangan. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan pesawat jenis ATR 72 menuju Mulu selama 1 jam 15 menit. Daerah ini merupakan kawasan tersembunyi, pesawat berpenumpang 70 orang adalah akses tercepat. Jika menggunakan jalur darat, dapat memakan waktu seminggu perjalanan dengan medan yang berat.

Meski daerah terpencil, resort sekelas JW Marriot sudah dibangun disini. Penginapan sekelas  homestay sederhana pun banyak terdapat disini. Pengunjung yang datang ke sini, kebanyakan datang dari benua amerika, eropa dan australia. Pengunjung dari Asia hanya beberapa, diantaranya Jepang, Korea, dan China. Wartawan Pontianak Post menjadi satu-satunya pengunjung dari Indonesia di semester pertama tahun ini.

Mulu menyimpan banyak gua terbesar. Yang paling populer adalah Deer Cave, atau Gua Rusa. Gua ini merupakan tempat tinggal tiga juta kelelawar. Jarak dari dinding satu ke dinding lain, mencapai 250 meter. Gua terbesar di dunia pun berada di Mulu, namanya Sarawak Chamber. Jarak antar dindingnya mencapai 800 meter, bisa dibayangkan betapa besarnya.

Penjelajahan Pontianak Post yang paling seru saat mengunjungi Racer Cave. Tempat ini merupakan tempat tinggal habitat ular racer. Adrenalin terpacu saat mulai memasuki gua sepanjang 1,4 kilometer ini. Selain gelap, hawa panas berbau belerang muncul dari dinding gua. Belum lagi tatapan mata ular racer yang berwarna merah saat terkena sinar lampu.

Di ujung penjelajahan, terdapat Clear Water Cave, sebuah gua yang mengalirkan air jernih dari perut bumi. Penjelajahan selama 10 jam berjalan kaki, terbayar saat tiba di clear water.

Borneo menjadi destinasi menarik bagi turis mancanegara. Mereka menyebut Borneo sebagai Hidden Paradise. (ndo)

 

Berita Terkait