Menjadikan Olahraga sebagai Peluang Usaha

Menjadikan Olahraga sebagai Peluang Usaha

  Senin, 15 Agustus 2016 09:30
Foto : Haryadi/PontianakPost

Berita Terkait

Saat ini kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh semakin meningkat. Setiap hari banyak orang datang ke tempat-tempat yang memiliki fasilitas untuk berolahraga. Ini pun menjadi peluang usaha menarik. Salah satunya usaha fitness center. 

Oleh : Marsita Riandini

Saat ini, tempat fitnes mulai berkembang di berbagai tempat. Tak hanya para pria saja, para wanita pun juga membutuhkan tempat kebugaran ini demi menjaga kesehatan tubuhnya. Fitness center menjadi pilihan lantaran ditempat tersebut tak hanya berguna untuk membentuk tubuh, tetapi juga berbagai olahraga lain yang menyehatkan. 

Ternyata, bisnis ini merupakan bisnis yang potensial untuk dikembangkan. Terlebih banyak masyarakat yang memilih memanfaatkan jasa di fitness center ini untuk merilekskan pikiran setelah disibukkan dengan rutinitas pekerjaan. Kepada For Her, Weddy Muliawan pun berbagi pengalaman dalam memulai usaha ini sejak November 2015 ini.

Mulanya, pemilik Asia Fitness Center, di Jalan S. Parman Dalam, No. 5-6 ini merupakan karyawan di salah satu perbankan di Kalbar. Lebih kurang empat tahun lamanya dia mengabdikan diri pada perbankan tersebut. Namun, dia kemudian memutuskan untuk berhenti dan memulai bisnis fitness center ini. “Saya dulunya karyawan bank. Kenapa pilih berhenti, kebetulan ada kesempatan untuk membuka bisnis ini. Saya pelajari konsepnya ketika saya di Yogyakarta, kemudian saya aplikasikan di Pontianak. Hanya saja kalau disana modelnya ruko, kalau disini saya pengen konsepnya yang benar-benar membuat orang nyaman saat datang kemari,” papar pria yang juga menjadi dosen di salah satu universitas di Pontianak ini. 

Tantangannya memulai usaha sendiri tentu berbeda ketika ia masih sebagai seorang karyawan. “Kalau bisnis sendiri ini kan saya hanya memikirkan profit untuk kepentingan sendiri, sementara kalau menjadi karyawan itu kita memikirkan profit untuk kepentingan perusahaan,” jelas Weddy. 

Dengan semboyan Perfect Your Body & Life, ia menawarkan beragam fasilitas yang membuat para pengunjung merasa betah dan tentu saja ingin datang lagi untuk berolahraga. Apalagi menyadari dengan adanya persaingan di bisnis yang sama. 

Selain alat import, ruangan full AC, disediakan pula sauna, shower, locker, wifi, yoga, zumba, dan sport class. 

“Kami ini kan menawarkan jasa, jadi selain fasilitas yang mendukung juga pelayanan yang ramah. Itu sebabnya, dari awal selain menyiapkan alat, saya juga mengatur manageman, dan karyawan dengan baik,” ungkap Weddy yang membuka usahanya mulai pukul 06.00 hingga 21.00. 

Target market yang menjadi incarannya adalah menengah ke atas. Weddy menjelaskan umumnya Sabtu dan Minggu paling ramai dikunjungi, meskipun memang setiap harinya selalu ada saja yang mendatangi tempat usahanya itu. “Tidak tentu sih ramainya kapan, tetapi biasanya Senin, Sabtu, dan Minggu,” terangnya yang biasanya memberikan promo kepada calon member. **

Berita Terkait