Menjadi Seorang Pemenang

Menjadi Seorang Pemenang

  Kamis, 31 March 2016 16:41   921

PARA peserta UN sebagai seorang pemula untuk melangkah kedepan dan jangan takut menghadapi ujian karena setiap manusia pasti selalu menghadapi ujian. Sadarilah bahwa peserta UN dilahirkan ke dunia dengan potensi yang besar untuk menjadi seorang pemenang dalam hidup. Para peserta UN dibekali seperangkat perlengkapan hidup yang sangat hebat berupa pikiran, kehendak bebas dan hati nurani. Modal yang seharusnya dipergunakan secara optimal dalam setiap perjalanan kesuksesan peserta UN. Apa saja hal yang HARUS ketahui untuk menjadi seorang pemenang sejati?

Ingatlah selalu, bahwa menjadi pemenang tidak berarti selalu menang. Tetapi tetap tenang ketika mengalami kegagalan dan tidak panik ketika mengalami kekalahan. Bagi seorang pemenang, kekalahan hanyalah sementara dan kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda.

Pemenang dalam Hidup adalah Pribadi yang berani menghadapi Kehidupan, tidak gentar menghadapi tantangan, tidak takut menghadapi kesulitan, tidak bergantung pada situasi, dan tidak dikalahkan oleh hal-hal negatif.

Jadikan Orang Lain sebagai Motivator, Guru dan Cermin yang Baik

Belajarlah dari keberhasilan dan kegagalan mereka. Tidak ada untungnya kalau merasa sombong atau lebih hebat dalam beberapa bidang dibanding orang lain. Dan tidak ada hal yang perlu dijadikan alasan untuk berkecil hati seandainya peserta UN tidak segemilang mereka dalam bidang lainnya.

Seorang pemenang adalah orang yang Berani Mengambil Resiko

Semua hal berharga dalam hidup ini harus diraih dengan keberanian. Kalau semua faktor sudah diperhitungkan, lakukanlah apapun yang dapat meningkatkan kualitas hidup Para pelopor.

Hanya seorang pemenang yang bisa Berpikir sebagai Seorang Pemenang

Pikiran adalah potensi dan kekuatan peserta UN yang bisa membangun atau merusak hidup peserta UN tergantung bagaimana peserta UN mengarahkannya. Arahkanlah selalu pikiran Para peserta UN untuk memikirkan hal-hal yang mulia, yang benar, yang adil, yang penting dan yang membahagiakan. Berkata sebagai Seorang Pemenang. Cari kata-kata positif untuk diri Para pelopor, dan jadikan kata-kata positif itu sebagai alat untuk memperkuat jiwa, bukan untuk melemahkan. Lebih baik Para peserta UN berkata, "Aku akan segera sembuh" daripada "Aku sudah bosan berobat tetapi tidak ada hasil". Atau, "Kalau hari ini aku tidak beruntung, masih ada hari esok" lebih baik daripada "Aku memang sedang sial hari ini!"

Bersikap sebagai Seorang Pemenang Seorang pemenang akan bersikap aktif, rajin, ulet, jujur dan tidak mudah menyerah. Jika setiap hari Para peserta UN melatih kebiasaan bertindak sebagai seorang pemenang, maka Para peserta UN betul-betul melatih otot-otot jiwa Para peserta UN menjadi otot seorang pemenang. Jangan biarkan jiwa Para peserta UN lemah sehingga Para peserta UN selalu mengalami kekalahan. Berusahalah terus untuk mengembangkan sifat-sifat pemenang. Rendah hati, berani, tekun, berjiwa besar, dan hindari sifat pengecut atau menyalahkan orang lain, egois, iri hati, sombong, pemarah dan suka menunda. Bertekunlah untuk Meraih Apa yang Para peserta UN  Inginkan Jangan mudah kecewa dan putus asa ketika menghadapi hambatan. Jangan pernah menyerah dalam keadaan apapun. Orang-orang besar sepanjang sejarah, telah membuktikan bahwa banyak hal sulit dan tampak tidak mungkin, bisa didobrak oleh ketekunan. Seorang pemenang adalah seoarang yang mengHargai Dirinya, wahai Para peserta UN Perhatikanlah sikap, ucapan dan penampilan Para peserta UN . Diawali dari menghargai diri Para peserta UN sendiri, maka Para peserta UN akan bisa menghargai orang lain. Dan ketika Para peserta UN menghargai orang lain, maka merekapun akan menghargai Para pelopor. Serang pemenang adalah orang yang selalu berusaha untuk Mengendalikan Diri, Para peserta UN Jadilah pemenang atas diri sendiri, maka Para peserta UN akan lebih mudah menjadi pemenang dalam lingkup yang lebih luas. Sebagai contoh, Para peserta UN bisa mulai untuk jujur pada diri sendiri, kendalikan emosi, latihan disiplin diri dan bersikaplah tenang dalam menghadapi berbagai situasi. Tidak Ada Salahnya, Berani Mengalah untuk Menang Seorang pemenang tidak akan NGOTOT memenangkan perdebatan dan pertengkaran. Hanya orang berjiwa pengecut yang ingin memuaskan harga dirinya dengan kemenangan semu.Putuskan untuk Berani Berubah

Penulis TRI CAHYONO, S.Pd Guru SMK Negeri  2 Pemangkat

 

tri cahyono

saya adalah guru smk di kabupaten sambas yang ingin ikut serta membangun pendidikan di kalbar