Menguak Cerita Rakyat dan Misteri Sipatn Lotup , Ihwal Kisah Nenek Tua Menggembala Kambing

Menguak Cerita Rakyat dan Misteri Sipatn Lotup , Ihwal Kisah Nenek Tua Menggembala Kambing

  Rabu, 24 February 2016 09:51
AIR PANAS: Sumber air panas Sipatn Lotup dilatarbelakangi cerita mistis adanya sumber air panas di Jangkang, kabupaten Sanggau. SUGENG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Selain menjadi tempat wisata yang punya cerita rakyat, Sipatn Lotup juga punya cerita misteri. Sosok wanita tua dengan membawa seekor kambing biasa ditemui. Sampai kini, tak satu pun warga yang mengetahui secara jelas siapa sosok itu sebenarnya. SUGENG, Jangkang

BUKAN karangan. Bukan juga cerita khayalan. Sosok wanita tua yang membawa kambing memang biasa menampakkan diri pada warga. Meskipun itu secara tidak sengaja. Beberapa dari mereka yang akan pergi ke ladang dengan melewati jalan itu bahkan tak jarang bertanya kepadanya.“Mau kemana nek,” begitulah tanya warga yang pernah berjumpa.Sosok wanita tua itu terang Singku memang tidak banyak bicara. Pakaian seperti kebanyakan warga disana. Hanya saja, dia tetap membawa seekor kambing.

Jalan menuju Sipatn Lotup memang masih tanah. Disekelilingnya ditanami pohon karet milik warga setempat. Selama ini yang terlihat, si nenek berjalan dari arah Sipatn Lotup menuju arah ke pemukiman warga di dusun peruntan.Sempat ada warga berlintas dengannya, saat pulang ke pemukiman lalu bertanya “Adakah lihat nenek-nenek bawa seekor kambing lewat di kampung kita?”. Warga justru tidak pernah melihat orang sesuai yang ditanyakan oleh warga ini. Singku mengaku biasa mendengar cerita ini.

“Saya pribadi memang tidak pernah melihat langsung.” Hanya saja ada beberapa orang yang biasa menanyakan begitu. Padahal disinikan ramai. Jarak rumah satu dan yang lainnya juga lumayan dekat. Kalau kita mau masuk kesini tadi kan banyak aktivitas warga.Singku bilang sih dia tidak mengganggu. Mungkin hanya mau menunjukkan bahwa dilokasi memang ada cerita yang tidak kasat mata. Selama disana memang tidak ada yang aneh-aneh.

Cerita tentang sosok tua ini mengakar sekali di masyarakat sana. Namun, Puji Tuhan, katanya, kami disini tidak merasa takut atau bagaimana. Meskipun, diakuinya, mereka sendiri tidak tahu betul siapa sebenarnya wanita tua itu.“Apalagi kalau ditanya mengenai kambingnya,” ujar dia sambil bergurau.

“Diwaktu kapan biasanya dia pernah terlihat,” tanya saya ingin tahu. Dia bilang sih biasanya sore menjelang petang atau juga bisa diwaktu lainnya.“Ada waktu-waktunya.” Tapi, lanjut dia, kalau diniatkan, biasanya memang tidak bisa ketemu dengan sosok yang masih misteri ini.Kepercayaan masyarakat disana, menurut cerita Singku, bila sosok ini muncul, pertandanya akan terjadi sesuatu. Dia masih ingat saat kejadian tahun 1990an. Sosok ini terlihat oleh salah satu warga disana. Sehari berselang, kejadian besar di Kalbar pun pecah.

“Saya tidak usah sebutkan itu kejadiannya apa.” Itulah kepercayaan yang memasyarakat disini.Cerita-cerita ini memang dipercayai. Sayangnya, mereka sendiri masih penasaran dengan sosok wanita tua itu. Dia percaya, wanita itu bukanlah dari kalangan manusia biasa. Karena keberadaannya juga tidak diketahui secara jelas. Dan hematnya, hanya mereka yang secara tidak sengaja saja dapat melihat sosoknya.

Sampai sekarang, sosok itu belum pernah lagi terlihat. Saya sebenarnya masih penasaran mengenai sosok ini. Dengan keingintahuan yang menggebu-gebu sejumlah pertanyaan terus saya lontarkan. Namun tak banyak cerita yang bisa didapatkan. “Juru kunci” yang dulunya pernah ada juga sudah meninggal dunia karena termakan usia.Cerita tentang wanita tua ini mungkin ada kaitannya dengan sosok wanita yang menjadi bagian dari Ai Sipat Lotup. Lima tahun lalu, kolam air panas itu memang sempat dibendung oleh warga setempat. Maksudnya supaya air panas itu tidak mengalir kemana-mana.

Sebelumnya, saya telah menceritakan bahwa tidak jauh dari kolam air panas ini terdapat aliran sungai kecil yang airnya dingin. Masyarakat disana percaya, sungai dingin dan kolam air panas ini merupakan “nyawa” bagi sosok ini. Sehingga tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya.Kolam air panas itu akhirnya dibendung. Namun, malam harinya, sejumlah warga dikampung itu mimpi didatangi oleh seorang wanita. Wanita itu digambarkan seperti layaknya wanita pada umumnya. Hanya saja itu hadir didalam mimpi.

Paginya, warga yang bermimpi ini menceritakan kepada warga lainnya tentang permintaan wanita itu.  Mendengar itu, beberapa warga kemudian membuka bendungan itu. Jika dilihat, dibagian sudut kolam yang mengarah ke jalan keluar tempat wisata itu saat ini memang dibuka sedikit untuk mengalirkan air panasnya. Aliran air panas ini mengarah ke aliran sungai dingin yang berada tidak jauh dari dari kolam itu.

Semenjak bendungan itu dibuka, tidak ada lagi mimpi yang aneh dialami warga setempat. Sampai sekarang. Meski punya cerita misteri tersendiri, tempat ini tetap ramai dikunjungi oleh warga setempat maupun warga dari luar daerah. Suasana yang sejuk, karena masih dikelilingi pohon-pohon besar dan kebersihan yang terjaga membuat tempat ini tidak terlihat menyeramkan apalagi menakutkan untuk dikunjungi.Suasananya tenang. Udaranya sejuk dan menyegarkan. Tempat peristirahatan juga disediakan dilokasi wisata ini. Tempat wisata ini sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin berakhir pekan untuk mencari ketenangan dan merehatkan pikiran dari kesibukan bekerja. (*)

Berita Terkait